Pembuatan Aplikasi Warehouse Inventory Pada PT. Cemindo Gemilang Pontianak

Abstraksi

Aprila Dewi (12134490), Pembuatan Aplikasi Warehouse Inventory Pada PT. Cemindo Gemilang Pontianak.

Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan berkembang dengan cepat. Perkembangan teknologi yang cepat mampu membantu manusia dalam beraktifitas, mempermudah untuk mendapatkan informasi, dan menambah wawasan PT. Cemindo Gemilang Pontianak merupakan salah satu cabang perusahaan pengantongan Semen Merah Putih. Pada proses transaksi pembelian spare part dan bahan baku pada perusahaan ini sudah menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) namun pada proses penyimpanan dan masuk keluarnya barang belum memanfaatkan teknologi secara baik untuk kepentingan inventory gudang mereka. Hal ini mengakibatkan lamanya proses pembuatan laporan dan proses kontrol stok oleh staf gudang. Terdapat permasalahan yang perlu ditangani yaitu masuk keluarnya barang yang tidak terkontrol dengan baik sehingga menyulitkan staf gudang dalam pembuatan laporan yang akurat, Sehingga diperlukannya sebuah aplikasi warehouse inventory untuk menangani permasalahan tersebut.

Kata Kunci: Warehouse Inventory, Semen Merah Putih

Bibliografi

Alam, M. A. 2005. MySQL Server Versi 5 dan Aplikasinya dalam Visual Basic 6 dan Delphi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Al fatta hanif 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Yogyakarta, 2007

Andi. 2010. Rekayasa web. Yokyakarta:CV andi offset

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara otodidak. Jakarta: PT. Transmedia.

Binarto, S. (2012). TIP & TRIK MEMBUAT PROGRAM PENJUALAN menggunakan VISUAL BASIC 6.0. Jakarta: Media Kita.

Damayanti, Nur, Fitriana & Bambang, Sudaryanto. 2013. Analisis dan Pembuatan Sistem Informasi Oengolahan Data Inventarisasi di SMK Muhammadiyah IMOGIRI. Diambil dari:http://docplayer.info/30740676-Analisis-dan-pembuatan-sistem-informasi-pengolahan-data-inventaris-di-smk-muhammadiyah-i-imogiri.html. (19 Januari 2018).

College, Maria Regina. 2009. Teknik Membuka Bisnis Desaian Arsitektur. Jakarta: PT. Elek Media

Komputindo Fauzi dan M. Miftakul Amin. (2012). Pemrograman Database Visual Basic 6 dan SQL Server 2000. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Fees, Warren Reeve. 2008. Accounting Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Hendrayudi. 2009. VB untuk Berbagai Keperluan Pemograman. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kurniawan, Erick 2011. Membangun aplikasi mobile dengan QT SDK, Yogyakarta Andi, 2011

Kusrini dan Andri Koniyo. 2007. Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan VISUAL BASIC & Microsoft SQL Server. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Kusrini dan Andri Koniyo. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic. CV. ANDI OFFSET

Nugroho, 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML Dan Java . Yogyakarta: Andi.

78

Prasetya, Hery dan Fitri Lukiastuti. 2009. Manajemen Operasi. Yogyakarta: MedPress.

Rosa dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Rosa, Ariani Sukamto Dan M Shalaludin, 2015, Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan berorientasi, bandung:informatika bandung

Saputra, A. 2011. Panduan Praktis Menguasai Database Server MySQL. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Shatu, Yahya Puddin. 2016. Kuasai Detail Akuntansi Laba dan Rugi. Jakarta: PUSTAKA ILMU SEMESTA.

Rahayu, Nina. 2013. Perancangan ExecutiveInformation System (EIS) Dalam Bidang Penjualan Pada Karinda Cafe dan Resto. Diambil dari: http://http://widuri.raharja.info/index.php/SI1014465491.(16 Mei 2016).

Thabrani, Suryanto. MUDAH DAN CEPAT MENGUASAI VISUAL BASIC. Jakarta: Mediakita.

Wibowo dan Abubakar Arif. 2008. Akuntansi Dasar Keuangan 1. Jakarta. Wicaksono, Yogi. 2008. Membangun Bisnis Online dengan Mambo. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo