TA Periode 1/2019-Prodi Komputerisasi Akuntansi Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai Pada Kampung Makan Jakarta.

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2020-06-22

Penulis

Abstraksi


Yuni Arliana (11160386) , Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai Pada Kampung Makan Jakarta.


 


Teknologi informasi merupakan bagian penting pada era globalisasi saat ini. Saat ini teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia bisnis dan industri untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan, terutama informasi yang cepat dan akurat. Kemudahan-kemudahan dari teknologi informasi mendorong suatu usaha berkembang secara pesat dalam bisnisnya. Kebutuhan mengenai informasi yang akurat dan cepat sangat penting untuk dimiliki suatu usaha, terutama pada lingkup usaha dagang. Aktivitas pada suatu usaha dagang terdiri dari  menjual produk bukan jasa. Pengelolaan yang baik pada suatu usaha dagang dibutuhkan agar tujuan dari usaha dagang tersebut tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi penjualan.Salah satu usaha dagang yang sistemnya masih belum terpenuhi sistem informasi penjualan khususnya di penjualan tunai yaitu Usaha dagang Kampung Makan, dimana dalam proses penjualan tunai Toko ini secara manual atau belum terkomputerisasi. Hanya saja pembayaran secara manual tersebut dilakukan pada satu kasir atau satu tempat. Padahal Kampung Makan ini memiliki sekitar 14 toko. Sistem yang terkomputerisasi merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan yang ada pada Kampung Makan , banyak manfaat yang akan diperoleh yaitu dalam hal proses transaksi, pembuatan sistem penjualan untuk masing masing toko agar terhindar dari salahnya penghitungan catatan, pembuatan laporan menjadi lebih cepat sehingga cara kerja dapat lebih efektif dan efisien.


Kata kunci : Perancangan Sistem informasi akuntansi, Sistem Penjualan Tunai


 


 


Kata Kunci: Perancangan Sistem informasi akuntansi, Sistem Penjualan Tunai

Bidang ilmu
Software Akuntansi

Bibliografi

Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Destiana, H., Studi, P., Akuntansi, K., Fajrin, F., Studi, P., & Informasi, S. (2014). Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web pada PT. Catur Daya Persada. Jakarta : Sales Product , Information , Catur Daya Persada. XVI(2).

Harjunawati, S. (2016). Sistem informasi akuntansi penjualan berbasis waterfall model untuk perusahaan dagang. 1(2), 44–53.

Hellyana, C. M. (2017). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web. 5(2), 66–73.

Ishak, R., Widyastuti, H., & Setiaji. (2018). PENJUALAN KUE DAN ROTI BERBASIS WEB. (1), 27-34.

 

Kasman, E. (2018). Pendalaman Buku Teks Ekonomi. (Rajaga, ed.) (1st ed.). Bogor:Yudhistira.

Lestari, N. H. S. dan G. S. (2016). Pembuatan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Barang secara Kredit di Toko Sahabat Mebel mengunakan Visual Basic 6.0. 19.

 

Lubis, B. O. (2016). Sistem Informasi Penjualan Voucher Belanja Pada PT . Plaza Indonesia Reality Tbk . Jakarta

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi ( 4th ed). Jakarta: Salemba Empat.

No, V. X. X., Amik, M., Tangerang, B. S. I., Sitasi, C., Bangun, R., Informasi, S., … Tunai, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Barang Secara Tunai. XX(2), 129–135.

Pahlevi. (2013). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Java Server Pages dengan Database Relasional MYSQL Offset. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rizal, Khairul. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Dekstop dengan Model Waterfall. 6(2), 117-122.

Sibero, A. (2011). Programming Power. Yogyakarta: MediaKom.

Sujarweni, W. V. (2015). Sistem Akuntansi (Mona.ed). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. (I.Nastiti,ed.). Yogyakarta:ANDI

Yuni, I., Napitupulu, M., & Muryani, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Perabotan Pada CV . Evamas. XX(2), 1–8. https://doi.org/10.31294/p.v20i2.3838