SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BEASISWA PADA SMK MANDALAHAYU BEKASI DENGAN METODE AHP

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

Abstraksi

    Pembuatan Sistem Pendukung Keputusan ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah untuk menentukan siapa yang berhak menerima beasiswa secara efektif dan efesien. Memberikan solusi dalam menentukan penerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditetapkan. Menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan penerima beasiswa. Beberapa masalah yang dapat diidentifikasi saat Penerima beasiswa banyak yang tidak tepat sasaran. Bagaimana cara membangun sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan penerima beasiswa di SMK Mandalahayu Bekasi. Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) merupakan metode kuantitatif untuk merangking berbagai alternatif dan memilih satu atau beberapa hasil terbaik berdasarkan kriteria yang ditentukan.Metode ini menggunakan perbandingan dari beberapa pilihan dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Metode yang dipakai dalam pengambilan keputusan penerima beasiswa adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini dipilih karena metode AHP merupakan suatu bentuk model pendukung keputusan  dimana peralatan utamanya adalah sebuah hierarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia, yakni dalam hal ini adalah orang yang ahli dalam masalah beasiswa atau orang yang mengerti permasalahan beasiswa. 

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

[1]   Prasetyo, Tri Ferga, Chandra Kusumah. Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus: Universitas Majalengka), diterbitkan di Jurnal J-Ensitec: Volume 2 No.01 November 2015 

[2]    Fitriyani. Penerapan  AHP sebagai Model Sistem Pendukung Keputusan Rumah Bersalin contoh Kasus kota Pangkal Pinang, diterbitkan  di JSM Mikrosil pada Volume 13(2) Oktober 2012. ISSN.1412-0100. 

[3]     Jogiyanto. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset. 2005 

[4]    Kusrini. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: C.V Andi Offset. 2007. 

 [5] Magdalena,Hilyah. Sistem Keputusan untuk Menentukan Mahasiswa  Lulusan Terbaik di Perguruan Tinggi Swasta Studi Kasus STMIK ATMA LUHUR Pangkal Pinang) diterbitkan di Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Maret 2012.ISSN.2089-9815.