Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Tenaga Kerja di Kota Pontianak Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Tenaga Kerja di Kota Pontianak Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2019-03-19

Abstraksi

Tenaga kerja merupakan bagian penting yang menunjang operasi dalam suatu perusahaan. Perencanaan kebutuhan tenaga kerja menjadi bagian kegiatan penyusunan program recruitment untuk melakukan penyeleksian sehingga memperoleh tenaga kerja yang memenuhi kualifikasi dalam suatu perusahaan. Namun, tidak semua proses seleksi berhasil dengan mendapatkan calon tenaga kerja yang sesuai kualifikasi perusahaan. Maka dari itu, penelitian ini membahas mengenai Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Tenaga Kerja di Kota Pontianak (SIPEKERJA) yang dirancang berbasis web. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Variabel yang menjadi kriteria utama dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Tenaga Kerja, antara lain gender, usia, tingkat pendidikan, bidang keahlian, dan pengalaman kerja. Sistem yang memiliki 3 level akses ini (yakni admin, calon tenaga kerja, dan perusahaan) diharapkan dapat menunjang pihak perusahaan dalam menentukan calon tenaga kerja sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh perusahaan untuk menempati satu bagian tertentu di dalam perusahaan. 

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, admin, calon tenaga kerja, perusahaan

URI
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/40

Bibliografi

Ardhi, P. B. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting Di Pt . Herba Penawar Alwahida Indonesia. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(1), 57–80.  

Frieyadie. (2016). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan, (1), 37–45. 

Lisnawanty, L., Dina, F., & Sihombing, D. O. (2018). Laporan Akhir Penelitian Dosen Yayasan 2018. Pontianak. 

Pami, S. (2017). Terbaik Dengan Metode Promethee ( Studi Kasus : Pt . Karya Abadi Mandiri ), 16(July), 298–301. 

Pusparani, D. (2018). Analisis Proses Pelaksanaan Rekrutmen, Seleksi, Dan Penempatan Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(2). 

Turkhamun, I., Muharom, L. A., & Oktavianto, H. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Tenaga Kerja di PT. Mandiri Sukses Distributor Jember Menggunakan Metode Weighted Product, 1–6.