Jurnal Teknik Informatika Musirawas Aplikasi Laporan Keuangan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Pontianak

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-06-04

Penulis

Abstraksi

Laporan keuangan merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban pemerintah atas penggunaan keuangan daerah dalam kerangka pelaksanaan otonomi daerah dan penyelenggaraan operasional pemerintah, hal tersebut menjadi tolak ukur kinerja pemerintahan untuk dipertanggungjawabkan pada setiap akhir tahun anggaran. Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Pontianak adalah pemerintah yang mengelola Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Daerah Kabupaten Pontianak. DPPKAD belum memiliki aplikasi yang terkomputerisasi sehingga memiliki kendala pada penyelenggaraan pelaporan keuangan, seperti pada lamanya penyiapan laporan dan pencarian data keuangan. Berdasarkan hal ini diperlukan aplikasi berbasis desktop dengan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0, PhpMyAdmin sebagai fitur membuat database, Wampserver sebagai server database dan Crystal Report sebagai pembuatan laporan. Dengan aplikasi ini diharapkan DPPKAD Kabupaten Pontianak mampu menyajikan laporan keuangan yang relevan, efesien dan efektif. 

URI
http://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jutim/article/view/306/213

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

W. Irmayani and E. Susyatih, “No Title,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 5, no. 1, pp. 58–63, 2017. [2] E. H. Atmoko, Program Aplikasi beserta Manajemen Aset menggunakan VB dan SQL Server. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013. [3] A. Zaenal, Website Super Keren dengan WordPress 3.x. Jakarta: PT. TransMedia., 2011. [4] A. Zaki, PHP dan MySQL. Jakarta: PT. Gramedia, 2008.