Dampak Game Online Bagi Penggunanya

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-12-05

Abstraksi

Dengan majunya berkembangan zaman, maka teknologi ikut berkembang juga, khususnya teknologi aplikasi berkembang pesat, infrastruktur bisa mendukung untuk terciptanya sistem yang handal ikut juga. Adapun teknologi game online ataupun game offline, game tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, bahkan remaja dan orang yang sudah dewasa mengemari game tersebut. Namun dibalik kehadiran permainan ini aka nada dampaknya dan kurang baik terhadap perilaku penggunannya. Dampak yang nyata dan dapat merusak adalah penggunanya akan lupa dengan waktu. Pengguna permainan akan kecanduan, merubah perilaku sehingga menyebabkan menjadi pemalas atau suka berbohong. Hasil inovasi pengembangkan aplikasi telah mempersingkat batas umur pengunaan dari software maupun pengunaan dari hardware sebelumnya. Terciptanya game membawa kenyataan yang dapat berdampak baik (positif) dan kurang baik (negative) bagi pengguna game. Penelitian ini untuk menganalisa atau mengetahui dan kemudian mengkaji dampak dan perilaku pengguna game online, khususnya pada remaja

Kata Kunci: Game online

URI
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/5972

Bidang ilmu
Etika IT (IT Ethics)

Bibliografi

[1] Adib, Mohammad.2012. Agen Dan Struktur Dalam Pandangan Piere Bourdieu. Surabaya: Jurnal FISIP Unair Surabaya
[2] Arbuckle, J.L. Amos 16.0 User’s Guide. Chicago: SmallWater Corporation, 2007.
[3] Bourdieu,Pierre.2010.Arena Produksi Kultural: Sebuah Kajian Sosiologi Budaya.Yogyakarta:Kreasi Wacana
[4] Buente, Wayne dkk. 2008. Trends in Information Behavior: 2000-2004.Journal_of_the American Society Science. Diambil_dari_: http://eprints.rclis.org/13679/1/RobbinTrends-2008Jun2-EntirePaper.pdf ( 04 Juli 2017)
[5] Hair, dkk, ”Multivariate Data_Analysis with Readings”, Fourth Edition, Prentice Hall, Englewood, New Jersey. 1998.
[6] Jogiyanto. Sistem Informasi_Keperilakuan. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2007.
[7] Nugraha . Mengenal Sistem_Teknologi_Informasi. 2003. dari : http://ilmukomputer.org/2008/11/25/mengen alsistem-teknologi-informasi/. (05 Juli 2017)
[8] Reinders, Wattana. 2011. Learn_English or_die: The effects_of_digital game. Article. Available at: http://www.digitalcultureaneducation.com/cms/wpcontent/uploads/2011/04/dce1094_reinders_2011.pdf (15 Mei 2016)