Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Pada CV Cahaya Warna Abadi Karawang

Abstraksi

ABSTRAK

Erika Handayani (12160975), Perancangan Sistem Informasi Inventory barang pada CV Cahaya Warna Abadi Karawang.

Persediaan barang dagang merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur. Persediaan diperlukan untuk menciptakan penjualan dan menghasilkan laba. Persediaan akan memiliki resiko cukup tinggi jika tidak diperhatikan dengan benar, resiko yang mungkin ditimbulkan berupa resiko fisik atau resiko keuangan. Misalnya dari segi fisik yaitu apabila terjadi kecurangan terhadap persediaan yang ada digudang karena kurangnya pengawasan dan terjadinya kerusakan barang yang mengakibatkan konsumen kecewa. Dalam segi keuangan yaitu apabila terjadi kesalahan dalam pencatatan yang mengakibatkan kerugian perusahaan pada periode akuntansi. Kemajuan teknologi semakin berkembang salah satunya di bidang komputer. Hal ini didukung oleh pernyataan bahwa kegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang penting adalah semakin dibutuhkannya penggunaan alat pengolah data yang berfungsi untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Perusahaan-perusahaan mengembangkan usaha dan mencapai sukses harus mengikuti era informasi dengan menggunakan alat pendukung pengolah data yaitu komputer. Proses persediaan barang yang ada di CV Cahaya Warna Abadi dapat dikatakan masih kurang efesien dan efektif karena semua masih dilakukan secara konvensional, mulai dari proses pencatatan data barang, proses data barang keluar dan proses laporan data barang. Pengaksesan ini belum memiliki suatu sistem informasi persediaan barang yang baik. Semua hal tersebut sering mengakibatkn hasil yang kurang teliti dan memakan waktu serta apabila terjadi kesalahan dalam pencatatan yang mengakibatkan kerugian perusahaan.

Kata Kunci: Inventory, Prototype, Desktop.

Bidang ilmu
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

Bibliografi

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, E. Y., dan Rita Irviani. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Arif, Muhammad. (2018). Supply Chain Management. Yogyakarta: Deepublish.

Hermawan, Samuel Indra, Qorinta Shinta dan Migunani. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang pada Toko Cahaya Baru Semarang. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi,VIII(1), 15-23. Diambil dari:

http://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/JTIKP/article/view/121

Hikmah, Agung Baitul, Deddy Supriadi dan Tuti Alawiyah. (2015). Cara Cepat Membangun Website dari Nol Studi Kasus: Web Dealer Motor. Yogyakarta: Andi.

Hutahaean, Jeperson. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Jubilee, Enterprise. (2018). HTML, PHP, dan MySQL untuk pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Junianto, Erfian dan Yusa Primahesa. (2015). Perancangan Sistem Tracking Invoice Laboraturium pada PT. Sucufindo Persero Bandung. Jurnal Informatika, II(2), 442-452. Diambil dari:

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/133

Mulyani, Sri. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Languange). Bandung: Informatika.

Mundzir, M. F. (2018). Buku Sakti Pemrograman Web seri PHP. Yogyakarta: Start Up.

Nofriadi. (2018). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Oktapiani, Renny dan Triani Dwi Juliani. (2018). Penerapan Metode First-In First-Out (FIFO) Persediaan Barang pada CV. Pagar Alam Lestari Bandung. Jurnal Universitas Bina Sarana Informatika, III(2), 130-137. Diambil dari:

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/4657

Oktarini, Ani dan Elan Nuari. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web dengan Metode FAST (Framework For the Applications). Jurnal Nusa Mandiri, XIII(2), 261-266. Diambil dari:

http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/705

Priskila, Ressa. (2018). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang pada Perusahaan Karya Cipta Buana Sentosa Berbasis Web dengan Metode Extreme Programing. Jurnal of Computer Engineering, System and Science, III(2), 94-99. Diambil dari:

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/cess/article/view/9991

Ramdhani, Eka Chandra, Hotniasi Gaja dan Ratnawati. (2018). Aplikasi Berbasis Desktop untuk Persediaan Bahan Baku Produksi Menggunakan Model Waterfall Study Kasus: PT. Seyon Indonesia. Jurnal Informatika, III(2), 277-284. Diambil dari:

https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/855

Sukamto, R. A., dan M. Shalahuddin. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sulianta, Feri dan Fajri Rakhmat Umbara. (2015). Teknik Hebat Merancang Aplikasi Instan dan Berkualitas. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yurindra. (2017). Software Enginering. Yogyakarta: Deepublish.