ANALISA TINGKAT KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN PERBANKAN PADA PT BANK CENTRAL ASIA TBK CABANG TAMAN SUNTER INDAH JAKARTA DENGAN METODE SERVQUAL

Abstraksi


ABSTRAK


 


Analisa Tingkat Kepuasaan Nasabah Terhadap Pelayanan Perbankan Pada Bank Central Asia TBK Cabang Taman Sunter Indah Jakarta Dengan Metode Servqual”, 11135604 Rico Setiawan.


 


Kebutuhan masyarakat terus berkembang seperti kebutuhan akan pelayanan perbankan, karena perbankan merupakan salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting dalam menunjang aktifitas. Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap pentingnya perbankan merupakan salah satu alasan bahwa kebutuhan akan prasarana perbankan meningkat. Kualitas pelayanan merupakan sarana maupun prasarana penting dalam meningkatkan kepuasan. Penyedia jasa pelayanan perbankan harus mampu memberikan pelayanan perbankan atau fasilitas dalam kemudahan transaksi nasabah yang selalu berusaha meningkatkan mutu pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah  dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa BCA Cabang Taman Suunter Indah Jakarta. Populasi yang digunakan adalah nasabah yang bertransaksi di BCA Cabang Taman Sunter Indah, dan sampel di ambil 50 responden menggunakan metode servqual. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan perbankan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BCA Cabang Taman sunter Indah Jakarta, seperti dalam dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empaty, bahwa kualitas terhadap pelayanan yang ada pada BCA Cabang Taman Sunter Indah Jakarta belum sesuai dengan harapan pelanggan atau disebut juga belum mampu memuaskan keinginan pelanggan (nasabah).


Kata kunci : Kualitas pelayanan,Servqual,kepuasan


 


Kata Kunci: Kualitas pelayanan,Servqual,kepuasan

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi


DAFTAR PUSTAKA


 


Alma, Buchari. 2009. Manajamen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.


 


Harto, Budi. 2015 Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Fuzzy Servqual dalam Upaya Peningkatan Kualiatas Pelayanan. Jurnal Ilmiah Vol. 3 No. 1 April 2015.


 


Kasmir. 2006. Manajemen  Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


 


Kotler, Philip 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Dan 2. Jakarta. Indeks Kelompok Gramedia.


 


Kotler, Philip 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta. Erlangga.


 


Kusumadewi, S. dan  Purnomo. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy untuk mendukung keputusan, edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.


 


Masyhuri dan Zainudin 2006 . Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Bandung.


 


Rambat, Lupiyadi Dan A Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta. Salemba Empat.


 


Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar


 


Septin Puji Astuti, Wiwik WilaSari,Datien Eriska Utami .2014.Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bank Syariah. Penelitian dengan Fuzzy Servqual dan dimensi carter, Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta.


 


Sri Suci Yuniar, Sugih Arijanto, Gita Permata Liansari. 2014 Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Paket Berdasarkan Hasil Pengukuran Menggunakan Metode Servqual di PT. X. Issn 2338-5081.  Jurnal Ilmiah Vol. 02 No. 02 Oktober 2014.


 


Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.


 


Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.


 


Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia


 


Tahyudin dan  Kurniawan. 2013 APLIKASI FUZZY – SERVQUAL UNTUK IDENTIFIKASI PREFERENSI


KEPUASAN NASABAH BANK X, Jurnal Dosen Jurusan Sistem Informasi, STMIK AMIKOM Purwokerto