ANALISA PEMILIHAN ONLINE SHOP MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Abstraksi


ABSTRAK


            Syielly Syielvana (11160741), Analisa Pemilihan Online Shop Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)


Bisnis online shop saat ini dianggap sangat popular ini sehingga semakin banyak online shop yang bermunculan dan menyebabkan persaingan yang semakin tinggi dan selain itu smartphone dan komputer sudah terdapat situs dan aplikasi didalamnya, oleh karena itu perlu dilakukan pengenalan akan keinginan konsumen yaitu dengan menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap online shop. Faktor yang mempengaruhi pembentukan perilaku konsumsi pada  belanja online, yaitu : faktor lingkungan, meliputi budaya, keluarga, pengaruh pribadi, dan faktor psikologis,meliputi sumber daya konsumen, motivasi dan keterlibatan, gaya hidup, sikap, kepribadian dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor produk, harga, tempat dan promosi dalam menentukan minat konsumen online shop. Maka dari itulah dibuatlah suatu perbandingan untuk mempermudah menentukan online shop manakah yang banyak diminat dan layak untuk digunakan oleh orang tersebut, maka dibuatlah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dari perhitungan akhir maka didapatkan hasil bahwa Kelengkapan Barang merupakan online shop yang paling diminati oleh para pengguna smartphone dan komputer dengan perolehan nilai (0,4443%). Kemudian pilihan kedua yang banyak diminati adalah Kecepatan Respon dengan perolehan nilai (0,207%). Diposisi ketiga ditempati oleh Kecepatan Pengiriman dengan perolehan nilai (0,180%). Diposisi keempat ditempati oleh Userfriendly dengan perolehan nilai (0,120%). Dan diurutan terakhir adalah Tracing Status Pemesanan dengan perolehan nilai (0,050%). Berdasarkan keterangan tersebut diatas maka online shop kriteria utama yang paling baik dan banyak diminati oleh para pengguna smartphone dan komputer adalah Kelengkapan Barang.


 


Kata kunci : Smartphone, Komputer, Online Shop, AHP.


 


 


 


 


 


 


 


ABSTRACT


Syielly Syielvana (11160741), Analysis Of Online Shop Selection Using Method Analytical Hierarchy Process (AHP)


 


Online shop business is currently considered very popular so that more and more online shops are popping up and causing a higher competition and besides smartphones and computers already contained sites and applications therein, therefore it is necessary to recognition of consumer desire that is by analyzing the factors Anything that can affect consumer interest in the online shop. Factors that influence the formation of consumption behavior on online shopping, namely: environmental factors, including culture, family, personal influences, and psychological factors, including consumer resources, motivation and involvement, lifestyle, attitude, personality and lifestyle. This study aims to analyze the factors of product, price, place and promotion in determining the interest of consumers online shop. Hence, made a comparison to make it easier to determine which online shop is much interested and worthy to be used by that person, then made a quantitative research using Analytical Hierarchy Process (AHP) method. From the final calculation it is found that the completeness of the Goods is an online shop most in demand by smartphone users and computers with the acquisition value (0.4443%). Then the second choice of interest is the Response Speed with the acquisition value (0.207%). The third position is occupied by the Speed of Delivery with the acquisition value (0.180%). The fourth position is occupied by Userfriendly with the acquisition value (0.120%). And the last diurutan is Tracing Status Booking with the acquisition value (0.050%). Based on the above information online shop the main criteria of the best and much in demand by the users of smartphones and computers is Completeness of Goods.


 


Keywords: Smartphone, Computer, Online Shop, AHP.


Kata Kunci: Smartphone, Komputer, Online Shop, AHP.

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi


DAFTAR PUSTAKA


 


Amir. 2014. Pemilihan Penyedia Online Shop Prioritas Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). ISBN: 978-602-61242-0-3. STMIK NURI JAKARTA. http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/knist/article/viewFile/99/260


 


Adhi, Antono. 2010. Pengambilan Keputusan Pemilihan Handphone Terbaik


Dengan Analitycal Hierarchy Process (AHP). Vol.IV, No.2 Juli 2010 Hal


24-33. Semarang.


http://unisbank.ac.id/ojs/index.php/ft1/article/viewFile/1119/662


 


Basyir,M. 2009. Aplikasi Analytic Hierarchy Process untuk Pembelian


Handphone (Application of Analytic Hierarchy Process for Buying


Handphone). ISSN : 1858-3709. Lhokseumawe.


http://download.portalgaruda.org/article.php?article=58103&val=4376&title=Aplikasi%20Analytic%20Hierarchy%20Process%20untuk%20Pembelian%20Handphone


 


Irham, Fahmi. 2011. Manajemen Pengambilan Keputusan Teori dan Aplikasi.


Penerbit Alfabeta. Bandung.


 


Jogiyanto, H.M. 2005. Analisa Dan Design Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset


 


Kursini. 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi Offset


 


Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia Cetakan Ketujuh. Ciawi : Bogor


 


Shega, Hanien Nia H dkk. 2012. Penentuan Faktor Prioritas Mahasiswa Dalam Memilih Telepon Seluler Merk Blacberry Dengan Fuzzy AHP. Vol.1, No.1 Tahun 2012


 


Sunyoto, Danang. 2012. Teori, Kuesioner, Dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian) Cetakan Pertama. Yogyakarta : Center For Academic Publishing Service.


 


Turban, Efraim, E.Aronson, Jay dan Liang, Ting Peng. 2007. Decision Support System And Intelegent System Edisi 7 Jilid 1. Yogyakarta : Andi Offset


 


 


 


 


 


Turban, Efraim dan Jaye Aronson. 2005. Decision Support System (Sistem Pendukung Keputusan Dan Sistem Cerdas). Yogyakarta : Andi Offset


 


Widi, Restu Kortiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian Sebuah Pengenalan Dan Penuntun Langkah Dari Langkah Pelaksanaan Penelitian. Penerbit Graha Ilmu Cetakan Pertama. Yogyakarta


 


Widiyanto, Ibnu. Dan Sri Lestari Prasilowati. JMK.Vol.17 . No.2. September 2015. 109-112. ISSN 1411-1438 print/ ISSN 2338-8234 Online