SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA KANTOR KELURAHAN PASAR MANGGIS

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-07-02

Abstraksi

Di era modern seperti sekarang, teknologi dan informasi berkembang sangat pesat Komputer adalah suatu alat yang diciptakan untuk memberikan kemudahan pekerjaan manusia dalam keseharian. Kantor Kelurahan Pasar Manggis sangat membutuhkan suatu sistem informasi yang menunjang proses pengeluaran dan penerimaan kas serta memberikan pelayanan yang terbaik untuk kegiatan yang berjalan di kelurahan pasar manggis. Oleh sebab itu penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai sistem informasi akuntansi pengeluaran dan penerimaan kas di kantor keluarahan pasar manggis yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Sistem informasi akuntansi pengeluaran dan penerimaan kas yang ada pada kantor kelurahan pasar manggis ini masih dilakukan secara manual, mulai dari proses pengajuan dana, proses penerimaan kas, proses pengeluaran dan penerimaan kas hingga proses pembuatan laporan, sehingga pada saat proses pengeluaran dan penerimaan kas berlangsung bisa saja terjadi kesalahan pada penghitungan, pencatatan atau penyimpanan arsip data pengeluaran kas dan hal ini bisa menghambat proses yang lainnya. Perancangan sistem informasi ini adalah gagasan yang terbaik untuk memberikan jalan keluar pada permasalahan yang ada di kantor kelurahan pasar mnggis, karena pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan efisien, hal ini pun akan berdampak baik untuk bagian yang lain

Kata Kunci: Perancangan Sistem Informasi Akuntansi, Pengeluaran dan penerimaan Kas

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Brady, M & Loonam, J. 2010. Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Bradford: Emerald Group Publishing.

 

Henderi. 2008. Unified Modelling Language. Tangerang: Raharja Enrichment Centre (REC).

 

Henderi. 2009. Good IT Governance Framework and Prototype for Higher Education. STMIK Raharja. IAI. 2010. Standart Akuntansi Pemerintah.

 

Kiymaz, Halili and baker, H. Kent., 2008, “Short–Term Performance, Industry Effects, and Motives: Evidence from Large M&As,” Quarterly Journal Of Finance and Accounting.

 

Kusrini dan Andri Koniyo. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi.

 

Mulyadi. 2008. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

 

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, cetakan ke-5. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

 

Mustakini, Jogiyanto Hartanto. 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis (TH.2008). Yogyakarta: Andi.

 

Mustakini,  Jogiyanto  Hartanto.  2012.  Analisa  dan  Desain  Sistem       Informasi. Yogyakarta: Andi.

 

Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi

 

O’Brien, James A. dan George M. Marakas. 2009. Management Information Systems. Eight Edition. New York : McGraw-Hill/Irwin.

 

Soemarso, S.R. 2010. Akuntansi : Suatu Pengantar , Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat


 Sukamto, Rosa Ariani dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek Informatika. Bandung


Wicaksono, Punto dan Ajeng Wins. 2012. Komputer Akuntais untuk Pemula & Orang Awam. Jakarta: Laskar Aksara

Widodo, Prabowo.P,Dkk, 2011, Pemodelan Sistem Berorientasi Obyek Dengan UML. Yogyakarta: Graha ilmu

Widjajanto Nugroho. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Erlangga