EMOTICON UNTUK PENGUKURAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN

research
  • 31 Aug
  • 2018

EMOTICON UNTUK PENGUKURAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN

Perusahaan sebagai sebuah organisasi memiliki sejumlah tujuan yang ingin  dicapai. Karena itulah sumber daya manusia adalah aset terpenting dalam perusahaan. Dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan perlu dilakukan pengukuran sehingga didapatkan suatu penilaian terhadap karyawan. Kepuasan kerja mempunyai potensial efek yang besar pada job performance, prilaku kontraproduktif, tingkat absensi kerja, turn over, tingkat stress pekerja dan kesehatan baik fisik dan psikis pekerja. Karenanya diperlukan pengukuran kinerja karyawan agar terjadi keseimbangan antara kepuasan dan kinerja karyawan karena setiap karyawan yang merasa puas diharapkan dapat bekerja pada tingkat optimum performance sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan kerja karyawan dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kepuasan kerja atau ketidakpuasan kerja karyawan dengan melakukan rating atau scoring dan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja karyawan atas faktor-faktor yang mendukung keberhasilan tujuan yang akan dicapai perusahaan dan tingkat signifikansi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan tersebut dalam mengukur kinerja karyawan.


Instrumen yang digunakan adalah membuat daftar pertanyaan dan kuisioner. Untuk mengukur kepuasan kerja karyawan dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kepuasan kerja atau ketidakpuasan kerja karyawan berdasarkan dimensi-dimensi pekerjaan menurut teori Herzberg menggunakan metode rating/scoring dengan skala Likert.

Pertanyaan dan kuisioner tersebut dibuatdalam web perusahaan. Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat menggunakan teks dan emoticon sebagai penggambaran emosi dari si penjawab. Setiap karyawan berhak melakukan pemilihan emoticon pada setiap pertanyaan yang diajukan sehingga akan ada umpan balik antara karyawan  dengan pihak manajemen melalui emoticon tersebut.


Unduhan

  • 3426-9156-2-PB.pdf

    Paradigma-3426-9156-2-PB

    •   diunduh 332x | Ukuran 3,154 KB

 

REFERENSI