Media Pembelajaran TIK Melalui Game Berbasis Destkop Untuk Kelas X Madrasah Aliyah Al-Mustaqim Kubu Raya

research
  • 22 Mar
  • 2018

Media Pembelajaran TIK Melalui Game Berbasis Destkop Untuk Kelas X Madrasah Aliyah Al-Mustaqim Kubu Raya

Kebanyakan orang sangat sulit belajar TIK karena memang tidak mudah untuk dipelajari. Selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran TIK adalah metode manual yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Maka dibuatlah suatu penelitian yaitu  permainan yang edukatif dan menarik sehingga menambah minat belajar dan memudahkan untuk belajar TIK. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini adalah RPG Maker MV. Aplikasi game edukasi ini dimainkan oleh satu pemain, terdiri dari 5 materi permainan yang bisa dipilih. Dalam setiap materi terdapat 10 soal pilihan ganda yang harus dijawab untuk mendapatkan skor. Berdasarkan hasil pengujian perancangan game edukasi platform belajar TIK berbasis desktop menggunakan RPG Maker MV bahwa aplikasi game edukasi ini sudah dapat dipasang pada computer dan laptop dengan kebutuhan sistem operasi minimum Windows XP/7/8.1.

Unduhan

 

REFERENSI

Anwas, 2015. Jurnal kemendikbud: pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada pesantren rakyat sumber pucung malang. Diambil dari: http://www.pesantrenrakyat.com/index.php/jurnal-kemendikbud-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-pada-pesantren-rakyat-sumber-pucung-malang/

 

Elizabeth. 2015. Rancang Bangun Game Futsal 3D Multiplayer Berbasis Augmented Reality Pada Desktop.  Diambil dari: http://www.mdp.ac.id/jatisi/vol-1-no-2/jatisi_vol1_n0_2_maret_2015_4%20[164-174].pdf

 

Jasson, 2009. Role Playing Game (RPG) Maker – Penampungan, Kreatifitas dan Imajinasi Bagi Game Designer. Yogyakarta: CV Andi Offset

 

Maharani, Septya, dkk. 2016. Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace.

            Diambil dari:

            http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/52

 

Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

 

Novaliendry, Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO).

            Diambil dari: jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf

 

Riwanoto, Rizki1 dan salidowati2. 2016.  Observasi Tingkat Stres dan Perfomansi Permainan Player Studi Kasus: Game Edukasi ChipMonk Season 1. Diambil dari:

            https://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/6259/5633. (10 Mei 2017)

 

Shalahuddin, M, S, A, Rosa. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA Bandung.

Wijayanto, Ridho. 2014. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah Ciater. Diambil dari:

73

            http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal/index.php/evo/article/viewFile/183/116. (02 Mei 2017)

Wardhani, Retno dan Yaqin, Husnul Moh. 2013. Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I. Jurnal Teknika. Vol.5 No.2 September 2013. Diambil dari: http://www.journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/RETNO.pdf. (11 mei 2017)

Widiastuti, Indriani, Nelly dan Setiawan, Irwan. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol.1. No.2. Oktober 2012. Diambil dari: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputa/article/view/60/57 (04 Agustus 2017)