Desa Bumi Jaya adalah salah satu desa yang masyarakatnya merupakan pengrajin gerabah. Terdapat koperasi pengrajin, yang bertujuan untuk menyatukan para pengrajin dan kemudahan dalam pemberian modal. Namun hal ini tidak di sertai dengan pemanfaatan teknologi yang ada, salah satunya adalah teknologi di bidang internet. Seperti yang kita tahu, manfaat internet sebagai salah satu metode pemasaran yang efektif. Dengan pemasaran yang belum tersebar luas, menyebabkan produksi gerabah dan pendapatan pengrajin tidak maksimal. Serta kurangnya sarana promosi dalam memperkenalkan produk gerabah. E-Marketplace adalah bentuk pemasaran dengan pemanfaatan
teknologi internet. Dimana sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam satu situs Dengan membangun E-Marketplace memudahkan para pengrajin untuk memasarkan hasil kerajinannya. Informasi dan pemasaran yang
dijangkau pun memungkinkan untuk masuk ke pasar internasional yang bertujuan untuk peningkatan penghasilan para pengrajin dan mengenalkan potensi desa gerabah Bumi Jaya. Selain untuk penjualan E-Marketplace ini
bertujuan sebagai sarana koperasi dalam mengelola para pengrajin. Pembelian gerabah, pembayaran elektronik, pengolahan data pengrajin, data pembeli, alur pengiriman, laporan pendapatan, merupakan fitur yang terdapat pada
E-marketplace Desa Gerabah untuk memecahkan masalah yang ada.
A.S Rosa, Shalahuddin M (2011). Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Modula Bandung Al-Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi
Kristiyanti, Mariana (2012).Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika. Vol.3 No.1, Januari 2012
McLeod, Raymond, Jr (2008). Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10, terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto dan Afia R. Fitriati, Salemba Empat, Jakarta.
Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan Mysql. Yogyakarta : Penerbit Andi
Sudjana (2008). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito
Sugiyono (2009). Metodologi Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunarto, Andi (2009) Seluk Beluk E-Commerce. Penerbit Garailmu Yogyakarta Suyanto, M (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Penerbit ANDI Yogyakarta
Zuriah, Nurul (2008). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Edisi 1 Cetakan Pertama. PT. Bumi Aksara