Paradigma Penerapan Ergonomi Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja Menggunakan Komputer

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2007-08-01

Penulis

Abstraksi

Peningkatan produktivitas dalam bekerja sangat penting, karyawan di tuntut agar bisa bekerja dengan baik, efektif dan efisien. Diharapkan dengan sumber daya yang sekecil-kecilnya di capai hasil yang sebesar-besarnya. Banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja, diantaranya adalah penerapan ilmu ergonomi. Dengan ergonomi akan dapat meningkatkan produktivitas dan di sisi lain akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam bekerja sehingga karyawan bisa bekerja dengan tenang, aman, nyaman, tidak cepat lelah atau merasakan gangguan dalam bekerja. Ergonomi seharusnya diterapkan pada semua bidang pekerjaan. Berikut ini dibahas penerapan ergonomi untuk meningkatkan produktivitas kerja berkaitan dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu

Kata Kunci: Ergonomi, peningkatan, produktivitas

URI
https://drive.google.com/file/d/0B42mH4EylzGHWmVJS25XTlNJMUE/edit

Bidang ilmu
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

Bibliografi

As'ad, M. 1987. Hubungan faktor umur, pendidikan, masa kerja dan kepuasan kerja terhadap produktifitas kerja pada petugas dinas luar asuransi. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Hadipranata, A. F, dkk 1987. Pengaruh penyuburan tugas (Job Enrichment) terhadap produktivitas kerja karyawan. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologis UGM.

Haryanto, Sentot. ____. Mengoptimalkan Produktivitas Karyawan (Tinjauan Psikologi Industri). Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Santoso, Insap. 1997. Interaksi Manusia dan Komputer Teori dan Praktek. Andi Offset, Yogyakarta

Sasongko, Hidayat Heru. ____. Teknik Perawatan dan Penggunaan Komputer. Electronic & Computer Technical Solution, Yogyakarta.

Wasisto, Sigit Wasi. 2005. Bekerja dengan Komputer Secara Ergonomis dan Sehat.

Wardhana, Wisnu Arya, dkk. 1997. Aspek Keselamatan Kerja pada Pemakaian Komputer. ELEKTRO.