Abstrak-Perbandingan antara perdagangan tradisional dengan perdagangan elektronik dapat
digunakan memperbaiki sistem penjualan. Dalam hal ini, kita dapat melihat bahwa perdagangan
elektronik tidak hanya menyederhanakan pengiriman informasi dan barang atau jasa, tetapi ia juga
dapat mengubah hubungan mereka. Para pengunjung di website dapat melakukan lebih dari
melihat informasi, mereka bisa mengirimkan e-mail atau mengisi sebuah formulir, dan membuat
perjanjian yang lebih dari sekedar arti perjanjian secara tradisional. E-commerce mengizinkan kita
untuk menjual produk-produk dan jasa secara online. Calon pelanggan atau konsumen dapat
menemukan website anda, membaca dan melihat produk-produk, memesan dan membayar produk-
produk tersebut secara online. Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa inggris: Electronic
commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lain. E-
commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Jurnal Komunikasi
McLeod, Raymond, Jr & schekk, George P.
Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10,
Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto dan
Afia R. Fitrianti. Jakarta: Salemba
Empat. 2008.
Mulyana, Daddy. Ilmu Komunikasi Suatu
Pengantar. Bandung:PT. Remaja
Rosdakarya. 2007.
Nugroho, Adi. E-Commerce. Bandung:
Informatika Bandung. 2006.
Sutabri, Tata. Analisis Ssitem Informasi.
Yogyakarta: Andi Offset. 2012.
Sutabri, Tata. Komputer dan Masyarakat.
Yogyakarta: Andi Offset. 2013.