Dengan semakin
banyaknya jumlah merek di pasar maka dalam aktualisasinya semakin
meningkat pula ketajaman persaingan diantara merek-merek yang
beredar tersebut, hanya merek yang memiliki ekuitas merek kuatlah yang akan
tetap mampu bersaing dan menguasai pasar.
Memahami substansi dan pentingnya suatu merek merupakan keharusan bagi pemasar
untuk merancang merek secara maksimal jika menginginkan merek yang diluncurkan
bisa sinergis bersama nilai jual pada pemasaran produk di pasaran. Merek
merupakan identitas produk atau bahkan harga diri pertaruhan nama baik perusahaan
yang mana didalamnya terkandung citra perusahaan. Merek yang dirancang
berdasarkan strategi yang tepat bagi
pelanggan akan menghasilkan citra yang bisa menghubungkan produk dan layanan
yang diterima oleh pelanggan dengan simbol-simbol identitas perusahaaan yang
menjadi lebih positif dan sebaliknya dengan mengabaikan hal tersebut maka akan
beresiko merusak citra maupun nama baik perusahaan di mata pelanggan, oleh
sebab itu memperhatikan penamaan merek, segmen dan target dari produk yang
dihasilkan maupun penempatan pencitraan atau positioning yang diharapkan oleh
pemasar (perusahaan) merupakan modal utama strategi dalam merancang merek agar
merek yang dibuat bisa terbangun sinergis dengan harapan yang ada di benak
pelanggan dan terealisasi pula dalam kenyataan kualitas produk serta tepat
sasaran. Maka sudah merupakan keniscayaan bagi setiap pemasar untuk memiki
keahlian dan pengetahuan terhadap produk. Dengan penanganan produk yang serius diharapkan
dapat menyisipkan strategi pemasaran
merek yang terkonsep dan terpadu kedalam subtansi produk jauh hari sebelum produk
tersebut dibuat, persiapan yang matang terhadap suatu produk akan membantu
dalam mengantarkan produk yang beredar dipasaran kelak untuk bisa memiliki
ekuitas merek yang bertahan lama.
STRATEGI MEREK DALAM PEMASARAN PRODUK
Kadaryatmo. 2012. Brand,
Positioning adalah janji merek Anda. Solo. Diambil dari : http://koransolo.com/metro/konsultasi/1283-brand-positioning-adalah-janji-merek-anda
Kartajaya, Hermawan.
2004. Positioning Differentiation Brand. Jakarta. PT
Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brands: Teknik
Mengelola Brand Equity dan Strategi
Pengembangan Merek. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Sutomo, Djati. 2006. Cara Pintar Menembus Pasar 23
Jurus Jitu Marketing. Jakarta. Republika.
Tim Redaksi. 2011.
Strategi merek Dalam Pemasaran Produk. Yogyakarta. Diambil dari : http://bisnisukm.com/strategi-merek-dalam-pemasaran-produk.html
Tim Redaksi. 2009. Apa
Itu Segmentasi Pasar. Yogyakarta. Diambil dari : http://bisnisukm.com/apa-itu-segmentasi-pasar.html
Tim Redaksi. 2010. Strategi
Penetapan Target Pasar. Yogyakarta. Diambil dari http://bisnisukm.com/strategi-penetapan-target-pasar.html