Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online

research
  • 18 Apr
  • 2018

Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan penggunaan teknologi internet dalam berbelanja online. Metode penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden pengguna internet dalam melakukan belanja onlne atau ecommerce sedangkan data sekunder yang digunakan yaitu berasal dari laporan-laporan, jurnal dan literatur-literatur yang relevan. Dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) variabel yang digunakan yaitu kegunaan, kemudahan, sikap, intens dan penggunaan melakukan transaksi secara online atau berbelanja online atau penggunaan e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kegunaan, kemudahan, sikap, intens dan penggunaan dengan pemanfaatan teknologi internet sebagai teknologi untuk melakukan transaksi secara online atau berbelanja online atau penggunaan e-commerce. Variabel kegunaan, kemudahan, sikap memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap intens dan penggunaan dalam menggunakan e-commerce.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustian, Wiwin., Syafari, Rusmin. 2014. Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Mengidentifikasi Pemanfaatan Internet Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Selatan. Diambil dari: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/download/834/619. (30 Januari 2017)

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2013. Survei Penggunaan Internet Sektor Bisnis 2013. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Davis, F.D. 1985. A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New-End User Information Systems: Theory and Results. Disertasi. Massachusetts Institute of Technology.

Ferdinand, A. (2006). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan. 2011. Panduan Berinternet untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI

Kalakota, R., & Whinston, A. B. 1996. Emergence Of Payment Systems In The Age Of Electronic Commerce: The State Of Art.

Nugroho, Mahendra Adhi. 2009. Model Penerimaan E-Commerce. Diambil dari : https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwin0IqDmp7SAhVMsI8KHUm6AkIQFgggMAA&url=http%3A%2F%2Fstaff.uny.ac.id%2Fsystem%2Ffiles%2Fpenelitian%2FMahendra%2520Adhi%2520Nugroho%2C%2520SE%2C%2520M.Sc%2FArtikel-JPAI-MahendraAN.pdf&usg=AFQjCNGeawYzUfHlgDdu5B9vsGUJ8gbBw&sig2=uG9kMgt0P1fRyIY_JLzF5Q&cad=rja. (30 Januari 2017)

Putra, Dimas Ernomo., Astuti, Endang Siti., Riyadi. 2015. Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat Dan Penggunaan ECommerce. Diambil dari : http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/download/856/1041. (30 Januari 2017)

Saputra, Agus dan Feni Agustin. 2012. Membangun Sistem Aplikasi E-commerce dan Sms. Jkarta: Elex Media Komputindo.

Sibero, Alexander. 2011. Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta: Mediakom..

Sihombing, Wilson. 2013. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Pembayaran Online Pada E-Commerce. Diambil dari: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0ahUKEwj9pcrf0evRAhWqC8AKHWlDlIQFgglMAE&url=http%3A%2F%2Flib.ui.ac.id%2Ffile%3Ffile%3Ddigital%2F2015-12%2F20349966-TAPdf%2520Wilson%2520Sihombing.pdf&usg=AFQjCNEc685ByDmOB02sSCsPyg0LsGbGjg&sig2=nLT0a8GZLPf5pNvG5FkbLw&cad=rja. (30 Januari 2017)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta [14] Turban, E., King, D., Lee, J. K., Warkentin, M., & Chung, H. M. 2002. Electronic Commerce: A Managerial Perspective. Prentice Hall.