PENERAPAN FUZZY INFERENCE SYSTEM UNTUK KEBERHASILAN PENGGUNAAN ANIMASI INTERAKTIF TINGKAT SEKOLAH DASAR

research
  • 08 Apr
  • 2018

PENERAPAN FUZZY INFERENCE SYSTEM UNTUK KEBERHASILAN PENGGUNAAN ANIMASI INTERAKTIF TINGKAT SEKOLAH DASAR

Hambatan-hambatan yang ditemui dalam proses belajar-mengajar menyebabkan terjadinya ketidak lancaran komunikasi antara guru dan siswa. Dalam hal ini pengajar harus lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran. Hal serupa juga dialami di SDN Tugu Utara 01 Pagi Jakarta Utara, dimana dibutuhkan suatu media edukatif guna meningkatkan minat dan perhatian para siswanya dalam menunjang proses belajar di sekolah, khususnya media teknologi informasi seperti game edukasi. Dengan adanya aplikasi game ini diharapkan dapat memberi manfaat dan pengetahuan bagi siswa SDN Tugu Utara 01 Pagi Jakarta Utara tentang pengenalan 32 provinsi di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar sekaligus memperkenalkan dengan dunia animasi multimedia pembelajaran interaktif.

Unduhan

 

REFERENSI

Nandi. 2006. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di

Persekolahan. Jurnal GEA Jurusan Pendidikan Geografi. (Online), Vol. 6, No.1, April 2006. 


Rachman, Hendriyono dan Ahmad Rusdiansyah. 2012. Pengembangan Rancang Bangun Games Edukasi Logistik “Stowagame” Mengenai Penataan Koinrnal tainer di Bay Kapal. Surabaya: Jurnal Teknik, Vol.13, No.1, Februari 2012. 


Rosa, A.S., dan Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.


Suheri, Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Bandung: Jurnal Teknologi

Informasi Vol. 2 No. 1 Periode Juli Desember 2006: 27-33, Juli 2006.


Sugiyanto dan Dzuha Hening Y. 2011. Game Edukasi Ragam Budaya Sebagai Media

Pembelajaran Budaya Tentang Pakaian dan Rumah Adat Di Indonesia. ISBN: 97926-0255-0. Semarang: Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi danKomunikasi Terapan 2011: 1-7. 


Widodo, Prabowo Pudjo. Handayanto, Rahmadya Trias. (2009). Penerapan Soft Computing Dengan Matlab. Bandung : Rekayasa Sains. 


Zakaria, Teddy Marcus dan Agus Prijono. 2007. Perancangan Antarmuka Untuk Interaksi Manusia dan Komputer. Bandung: Informatika.