Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi e-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus: Toko Buku An’Nur di Pontianak

research
  • 04 Apr
  • 2018

Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi e-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus: Toko Buku An’Nur di Pontianak

Merancang suatu program aplikasi tentunya membutuhkan suatu metode pengembangan perangkat lunak yang khusus untuk membantu selama proses pengerjaan. Secara keseluruhan teknologi informasi menjadikan metode pengembangan perangkat lunak bagian terpenting untuk pengembangan teknologi informasi. Metode pengembangan perangkat lunak pun menjadi semakin pesat perkembangannya. Sesuai dengan kebutuhan, perkembangan metode tersebut menjadi unsur penting dalam perkembangan tingkat kebutuhan teknologi informasi. Salah satu bentuk metode pengembangan perangkat lunak yang berkembang saat ini adalah metode agile. Dan salah satu dari metode agile adalah XP (Extreme Programming). XP adalah sebuah pendekatan atau model pengembangan perangkat lunak yang mencoba menyederhanakan berbagai tahapan dalam proses pengembangan tersebut sehingga menjadi lebih adaptif dan fleksibel. Tahapan-tahapan yang harus dilalui dengan XP yaitu, tahapan eksplorasi, perencanaan, iterasi pengembangan sistem, dan tahap produksi akhir. Pada penelitian ini pendekatan metodologi XP digunakan untuk melakukan perancangan pada sebuah aplikasi E-commerce berbasis M-commerce dalam penjualan buku. Metode ini mendukung pola pengembangan yang iteratif dan inkremental sehingga proses pengembangan dapat dilakukan lebih sesuai dengan kebutuhan dan dapat mengakomodasi adanya umpan balik maupun perubahan kebutuhan dari klien yang terkait dengan fungsi-fungsi pada aplikasi.  

Unduhan

  • Terbit OJS - 2885-7499-1-SM.pdf

    Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi e-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus: Toko Buku An’Nur di Pontianak

    •   diunduh 2130x | Ukuran 639 KB

 

REFERENSI

Ariyanto Prabowo, Sonny, Sholiq, dan Artwodini Muqtadiroh, Feby. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Web Informasi Eksekutif Pada Pemerintah Kabupaten XYZ. Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember. ISSN: 2337- 3539.


Ery Pradana, Jonathan dan Mardiyanto, M. Sukrisno. 2012. Pengembangan Framework untuk Pembangunan Aplikasi Mobile Commerce. Vol 1 number 2, Juli 2012.


Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak. 2013. Extreme Programming. Teknik Informatika, FTIF, ITS. (diakses 17 Oktober 2017, link: (
http://rpl.if.its.ac.id/extreme-programming/)


Pradana, Mahir. 2015. Klasifikasi Jenis-jenis Bisnis ECommerce Di Indonesia. Bandung: Jurnal Neo-bis Volume 9, No.2, Des 2015.

Puspitosari. 2010. Membangun Website Interaktif dengan Adobe Creative Suite 5. PT.Skripta Media Creative. Yogyakarta.


Rahmi Raisya, Perdana Sari, Rika, dan Suhatman, Rahmat. Pendekatan Metodologi Extreme Programming Pada Aplikasi E-commerce (Studi Kasus Sistem Informasi Penjualan Alat-alat Telekomunikasi). Jurnal Komputer Terapan Vol.2, No.2, November 2016, 83-92. Politeknik Caltex
Riau.


Rama, Dasaratha V, dan Frederick L. Jones. 2008. Sistem Infromasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.  


Widhiartha, Putu. 2008. Extreme Programming – Melakukan Pengembangan Perangkat Lunak Dengan Lebih Sederhana. www.ilmukomputer.org.


Widodo. 2008. Extreme Programming: Pengembangan Perangkat Lunak Semi Formal. Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. e-Indonesia Initiative 2008 (eII2008).


Wong, Jony. 2010. Internet Marketing for Beginner. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.