Animasi Interaktif Sebagai Media Belajar Pengenalan Klasifikasi Jangkauan Dan Topologi Jaringan Komputer

research
  • 26 Mar
  • 2018

Animasi Interaktif Sebagai Media Belajar Pengenalan Klasifikasi Jangkauan Dan Topologi Jaringan Komputer

Muhammad Ifan Irfani (12146070), Animasi Interaktif Sebagai Media Belajar Pengenalan Klasifikasi Jangkauan dan Topologi Jaringan Komputer

Jaringan komputer memiliki ilmu yang luas untuk dipelajari. Diantaranya mengenai klasifikasi jangkauan dan topologi yang memiliki banyak jenis dan karakteristik tersendiri. Banyaknya jenis klasifikasi jangkuan dan topologi, serta metode pembelajaran yang diberikan selalu sama, membuat materi ini sulit untuk dikuasai, khususnya bagi siswa SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Selain itu, dalam praktiknya, yaitu membuat kabel LAN membutuhkan fasilitas yang hanya dimiliki sekolah membuat siswa sulit melakukan kegiatan praktik tersebut diluar sekolah. Mengakibatkan siswa sulit mengembangkan kemampuannya. Diperlukan metode pembelajaran berbeda dan alternatif menggantikan fasilitas sekolah yang tidak dimiliki siswa. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini dibuatlah animasi interaktif yang diharapkan dapat menjadi pemecah masalah tersebut. Animasi interaktif ini dibuat dengan aplikasi Adobe After Effects, Corel Draw dan Adobe Flash, dikembangkan dengan metode pengembangan multimedia serta teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Tujuan pembuatan animasi interaktif ini adalah agar siswa dapat mempelajari klasifikasi jangkauan dan topologi dengan mudah, serta dapat menguasai praktik membuat kabel LAN melalui animasi interaktif simulasi sebagai pengganti fasilitas sekolah.

Unduhan

 

REFERENSI

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Dasar-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Deepublish

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Fatta, Al Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi

Herlambang, Ferry. 2007. Membuat Efek Khusus Dengan ActionScript 2.0 Flash 8. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo

Holida, Maria Siti. 2014. Penerapan Animasi Interaktif Dalam Pengenalan Aksara Sunda. Vol. I No. 2 September 2014. Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/39/16 (28 Mei 2017)

Ismandi. 2009. Kreasi Fashion dengan CorelDRAW. Yogyakarta: Andi

Jubilee Enterprise. 2007. Seri Penuntun Visual Flash 3. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Jubilee Enterprise. 2010. Belajar Sendiri Corel Draw. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Listiyadi, Agung. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Berbasis Komputer Pada Materi Depresiasi dan Akumulasi Depresiasi Aset Tetap di SMK Negeri 1 Surabaya. Diambil dari: jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/12249/52/article.pdf (28 Mei 2017)

Mair, Romegar Zaid. 2017. Pedoman Praktis Multimedia Dengan Authorware 7. Yogyakarta: Deepubish

Master.com. 2014. 60 Menit Pintar Design Grafis. Jakarta: Kunci Aksara

Maturidi, Ari Johar. 2014. Metode Penelitian Teknik Informatika. Yogyakarta: Deepubish

Maulida, Intan. 2012. Smart Book Video Editing: Kumpulan Tutorial Software-Software Desktop Publishing Lengkap Dalam 1 Buku Computer Stuff. Jakarta: Kunci Komputer

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Apliasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Murray, Kord David. 2009. Borrowing Brilliance: Rahasia Sukses Dengan Meminjam Gagasan Orang Lain. Bandung: Kalifa PT. Mizan Pustaka

Pranowo, Galih. 2010. Mastering CorelDRAW X4. Yogyakarta: Andi

Prayitno, Duwi. 2012. Panduan Lengkah Komputer: PC, Laptop, Tablet. Jakarta: Puspa Swara

Purnomo, Hadi Catur. 2009. Desain Keren dengan CorelDRAW. Jakarta: Gagas Media

Putra, R Masri Sareb. 2011. UltimArt Vol III No 1. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara

Soma, Aria Hari. 2007. Student Guide Series Pengenalan 3DS MAX. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Sumar, Warni Tune. 2016. Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta: Deepublish

Sunyoto, Andi. 2010. Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Andi

Wahana Komputer. 2010. Panduan Praktis Adobe After Effects CS4 untuk Kreasi Efek Video. Semarang: Wahana Komputer

Wahana Komputer. 2010. Panduan Praktis Implementasi dan Konfigurasi Jaringan MS Windows 2008 Server. Yogyakarta: Andi

Wahana Komputer. 2010. Tutorial 5 Hari Menguasai Adobe Flash CS4. Yogyakarta: Andi

Wahyono, Teguh. 2007. Building & Maintenance PC Server. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif

Widodo, Chomsin S. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Yudistira. 2007. Buku Latihan 3DS MAX Studio 9.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo