Animasi Pembelajaran Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Program Aplikasi Blender

research
  • 26 Mar
  • 2018

Animasi Pembelajaran Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Program Aplikasi Blender

Arief Rama Sena (12145749), Animasi Pembelajaran Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Program Aplikasi Blender

Era globalisasi yang telah berjalan saat ini menuntut setiap manusia untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Komputer merupakan awal dari perkembangan teknologi luar biasa yang menghasilkan berbagai macam teknologi lain yang bermanfaat bagi umat manusia. Program aplikasi Blender merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat model 3 dimensi, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat sebuah game. Penulis menggunakan metode pengembangan multimedia sebagai penunjang penulisan tugas akhir yang memliki tahapan diantaranya : konsep, desain, pengumpulan material, pemasangan/pembuatan, pengujian, dan distribusi. Melalui program aplikasi ini, penulis membuat animasi pembelajaran tata surya untuk siswa sekolah dasar yang bersifat 3 dimensi. Animasi pembelajaran ini dibuat dengan harapan dapat membantu guru dalam menjelaskan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada bidang tata surya. Media ini juga diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami tentang pelajaran tata surya dalam bentuk animasi 3 dimensi. Animasi pembelajaran ini dapat digunakan pula sebagai metode lain dalam proses belajar mengajar, dan sebagai pengetahuan bagi siswa serta untuk meningkatkan minta belajar siswa.

Unduhan

 

REFERENSI

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Dasar-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Deepublish.

Bramtalaras Muhammad. 2016. Serunya Adit Sopo Jarwo. Yogyakarta: B First.

Darma, Jarot S, dan Shenia Ananda. 2009. Buku Pintar Menguasai Multimedia. Jakarta: Media Kita.

Fatta, Hanif Al dan Mulyono, Kresno Murti. 2012. Pembuatan Game Labirin dengan Menggunakan Blender 3D. Yogyakarta: JURNAL DASI. Vol.13 No.2 Juni 2012.

Habibah, Umi, Eko Susilowati, Sri Suwarni, Endang Susilowati, Indriati SCP, dan Wiyanto. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 6 untuk kelas 6 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Jostonchoniv dan Windarto Yudhi. 2013. Pembuatan Film Animasi 3D Cerita Rakyat "The Legend Of Toba Lake". Jakarta: Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer. Vol.02 No.06, Apr-Jun 2013.

Kurniawan Dedik. 2010. 145 Freeware Pilihan untuk Berbagai Kebutuhan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Munir. 2013. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Murray, Kord David. 2009. Borrowing Brilliance: Rahasia Sukses Dengan Meminjam Gagasan Orang Lain. Bandung: Kalifa PT. Mizan Pustaka.

Nugroho, Arinto. 2009. Materi Inti dan Soal Jawab IPA Terpadu 3. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Priyono, Amin, Katrin Tri Martini, dan Choirul Amin. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam Jilid 3 untuk SD dan MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Rafli Faisal Muhammad. 2016. Pengertian Blender 3D dan Sejarahnya. Diambil dari:www.begal-tech.com/2016/11/pengertian-blender-3d-dan-sejarah.html#ixzz4g4n5V1YR (3 Mei 2017).

S. Edi Mulyanta & Retna G. 100++ CorelDRAW X4 Exercise. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

58

Soma, Aria Hari. 2007. Student Guide Series: Pengenalan 3DX MAX. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo 


Sulistyowati dan Sukarno. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Wahyuni, Putri. 2007. Multimedia Starter Guide CorelDraw X3.Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Wibowo, Hadi Eko. 2015. Tutorial untuk Berbagai Versi CorelDraw. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widodo, Chomsin S dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yudhistira. 2007. Buku Latihan 3D MAX Studio 9.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo