Game Fastmath Berbasis Android Sebagai Media Pembalajaran Untuk Menguji Tingkat Kemampuan Matematika

research
  • 26 Mar
  • 2018

Game Fastmath Berbasis Android Sebagai Media Pembalajaran Untuk Menguji Tingkat Kemampuan Matematika

Di kalangan pelajar matematika merupakan pelajaran yang kurang peminatnya di karenakan banyak perhitungan dan penuh dengan rumus, matematika merupakan ilmu pasti yaitu berapa pun nilai dari sebuah persoalan matematika akan mudah di pecahkan dengan perhitungan rumus yang benar serta ketelitian. Dan untuk menarik ketertarikan pelajaran dalam perhitungan matematika penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game edukasi yaitu game matematika, tujuan dari game edukasi ini menguji tingkat kemampuan seseorang dalam menjawab soal matematika dari yang mudah sampai yang tingkat rumit yang di batasi waktu 10 menit. pembuatan game menggunakan Construct 2 yang berbasis HTML5. Dan tahap pada pembuatan game ini di rancang dengan beberapa tahap seperti rancangan permainan, desain menu,dan pengaturan tampilan tombol. Game FastMath dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android, IOS dan Windows. Spesifikasi minimum Ram 512mb, dan versi 4.0+ untuk menjalankan permainan Game FastMath di smartphone Android.

Unduhan

 

REFERENSI

Firmansyah, Angga. 2013. Pembuatan Film Animasi 2D Menggunakan Metode Frame By Frame Berjudul “Kancil dan Siput”. Vol.14 No.04 Desember 2013.                                       

    Di ambil dari:    http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/167/153

 

Fitri, Rahma. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XII IPS SMA Negri 1 Batipuh.Vol.3 No.1(2014).

Di ambil dari:

http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1214/906

 

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) MakerSoftware Penampung Kreativitas,

Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Jubilee, Enterprise. 2011. Cara cepat dan Mudah Menguasai Script HTML 5. Yogyakarta: PT Elex Media Komputindo

Lengkong, Hendra, Nugraha. 2015. Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android yang Terintegrasi Pada Google Maps. Di ambil dari:

http://nova.rambler.ru/search?query=jurnal+lengkong&_openstat=bWFya2V0YXRvcjIwOzs7&lang=en

Lukman, Napoleon. 2016. Teknik Utama Jurnal Sains dan Teknelogi.Vol XI,No 1 April 2016.

Di ambil dari:

file:///C:/Users/ACER/Downloads/Aplikasi%20Akademik%20Online%20Berbasis%20Mobile%20Android%20Pada%20Universitas%20Tama%20Jagakarsa.pdf

 

Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta

Nurhasanah, Youllia Indrawaty. 2011. Implementasi Model Cmidef  pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia TK dan Playgroup.No,2, Vol,2 Mei-Agustus 2011

Di ambil dari: http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf

Novaliendry, Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1Rao).Vol.6 No.2 September 2013.

Di ambil dari:

http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf

Permana, Silvester Dian Handy. 2015.Pembangun Aplikasi Game  Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posyada. Vol. 7 No. 2 November 2015.

Di ambil dari: http://oaji.net/articles/2016/1669-1482154250.pdf

 

Putra, Dian Wahyu. 2016. Game Eduksi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Vol.1, No.1 Maret 2016

Di ambil dari: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiSt92CxqTVAhUPTI8KHTPIAVMQFggiMAA&url=http%3A%2F%2Fejurnal.unmerpas.ac.id%2Findex.php%2Finformatika%2Farticle%2Fdownload%2F7%2F12&usg=AFQjCNECf4_UDd55htIQ4Q6ZlBUYYzg3hg

 

Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta :

PT. Elex Media Komputindo.

 

Rosa, A. S., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan

Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Rudjiono, Daniel. 2015. Pixel Jurnal Komputer Grafis.

Di ambil dari:

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiDzNzxxKTVAhVFL48KHWE9D2sQFggiMAA&url=http%3A%2F%2Fjournal.stekom.ac.id%2Findex.php%2FPIXEL%2Farticle%2Fdownload%2F154%2F147&usg=AFQjCNGNV-dXZRUV-KFLWgXXUDQTTUlOVg

Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan

Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung.

 

Sholihin, Miftahus. 2016. Game Pass-Puzz dengan Construct 2.

Di ambil dari:

http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/miftahus.pdf

 

Simanungkalit, Rick Hunter. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy. Volume 1, Nomor 2, Edisi Nopember 2015.

Di ambil dari: http://perpustakaan.uhn.ac.id/adminarea/dataskripsi/Jurnal%20Pendidikan%20Matematika%20dan%20Tearapan.pdf

 

Syamsuddin, Sadly. 2014. Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit yang Disebabkan oleh Nyamuk Berbasis WEB. Vol. 1 No. 1 September 2014

Di ambil dari:

http://www.mdp.ac.id/jatisi/vol-1-no-1/JATISI_Vol_1_No_1_September_2014_6.pdf

Wardhani, Retno. 2013. Game Dasar-Dasar Hukum Islam Kitab Mabadi’ul fiqh JilidI.Vol. 5 No.2 September 2013. Di ambil dari:http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/RETNO.pdf

Wibawanto. Wandah. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif.

Di ambil dari:

https://books.google.co.id/books?id=9pULDgAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=wandah+wibawanto&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=wandah%20wibawant&f=false

Widiastuti, Nelly Indriani. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Volume. I Nomor. 2, Bulan Oktober 2012.

Di ambil dari:

http://komputa.if.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/volume-1-2/6-komputa-1-2-game-edukasi-walisongo-nelly.pdf/pdf/6-komputa-1-2-game-edukasi-walisongo-nelly.pdf

 

Zamroni, M, Rosidi.2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. Vol. 5 No.2 September 2013

Di ambil dari: http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf