Di kalangan pelajar matematika merupakan pelajaran
yang kurang peminatnya di karenakan banyak perhitungan dan penuh dengan rumus,
matematika merupakan ilmu pasti yaitu berapa pun nilai dari sebuah persoalan
matematika akan mudah di pecahkan dengan perhitungan rumus yang benar serta
ketelitian. Dan untuk menarik ketertarikan pelajaran dalam perhitungan
matematika penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game edukasi yaitu game matematika,
tujuan dari game edukasi ini menguji
tingkat kemampuan seseorang dalam menjawab soal matematika dari yang mudah sampai
yang tingkat rumit yang
di batasi waktu 10 menit.
pembuatan game menggunakan Construct 2 yang berbasis HTML5. Dan tahap
pada pembuatan game ini di rancang
dengan beberapa tahap seperti rancangan permainan, desain menu,dan pengaturan
tampilan tombol. Game FastMath dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android, IOS dan Windows. Spesifikasi minimum Ram 512mb,
dan versi 4.0+ untuk menjalankan
permainan
Game FastMath di smartphone
Android.
TA_FILE 7_Abstrak.pdf
TA_FILE 14_Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_FILE 10_Bab II Landasan Teori.pdf
TA_FILE 11_Bab III Pembahasan.pdf
TA_FILE 16_Lampiran-Lampiran.pdf
TA_FILE 4_Lembar Persetujuan dan pengesahan tugas akhir.pdf
TA_FILE 3_Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA_FILE 2_Lembar Pernyataan Keaslian TA.pdf
TA_FILE 12_BAB IV Penutup.pdf
TA_FILE 6_Kata Pengantar.pdf
TA_FILE 15_Surat Keterangan Riset.pdf
TA_FILE 13_Daftar Pustaka.pdf
TA_FILE 1_Lembar Judul.pdf
TA_FILE 8_Daftar isi.pdf
TA_FILE 9_Bab 1 Pendahuluan.pdf
TA_FILE 5_Lembar konsultasi.pdf
Firmansyah,
Angga. 2013. Pembuatan Film Animasi 2D
Menggunakan Metode Frame By Frame
Berjudul “Kancil dan Siput”. Vol.14 No.04 Desember 2013.
Di ambil dari: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/167/153
Fitri,
Rahma. 2014. Penerapan Strategi The Firing
Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XII IPS SMA Negri 1
Batipuh.Vol.3 No.1(2014).
Di ambil dari:
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1214/906
Jasson. 2009. Role
Playing Game (RPG) Maker – Software Penampung
Kreativitas,
Inovasi, dan Imajinas
Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Jubilee,
Enterprise. 2011. Cara cepat dan Mudah Menguasai Script HTML 5. Yogyakarta: PT Elex Media Komputindo
Lengkong,
Hendra, Nugraha. 2015. Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi
Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis
Android yang Terintegrasi Pada Google
Maps. Di ambil dari:
http://nova.rambler.ru/search?query=jurnal+lengkong&_openstat=bWFya2V0YXRvcjIwOzs7&lang=en
Lukman, Napoleon. 2016.
Teknik Utama Jurnal Sains dan Teknelogi.Vol XI,No 1 April 2016.
Di ambil dari:
Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi
dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta
Nurhasanah,
Youllia Indrawaty. 2011. Implementasi Model
Cmidef pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran
Anak Usia TK dan Playgroup.No,2,
Vol,2 Mei-Agustus 2011
Di
ambil dari: http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf
Novaliendry,
Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi
Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1Rao).Vol.6
No.2 September 2013.
Di ambil
dari:
http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf
Permana,
Silvester Dian Handy. 2015.Pembangun Aplikasi Game Android Pengenalan Pola
Warna Pada Paud Posyada. Vol. 7 No. 2 November 2015.
Di
ambil dari: http://oaji.net/articles/2016/1669-1482154250.pdf
Putra, Dian Wahyu. 2016. Game
Eduksi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Vol.1,
No.1 Maret 2016
Prasetya, Didik
Dwi. 2013.
Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform.
Jakarta :
PT. Elex
Media Komputindo.
Rosa, A. S., dan Shalahuddin
M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan
Berorientasi Objek. Bandung: Informatika
Bandung.
Rudjiono, Daniel.
2015. Pixel Jurnal Komputer Grafis.
Di ambil dari:
Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan
Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung.
Sholihin, Miftahus. 2016. Game Pass-Puzz dengan Construct
2.
Di ambil dari:
http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/miftahus.pdf
Simanungkalit,
Rick Hunter. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan
Kemampuan pemecahan Masalah Matematis dan Self
Efficacy. Volume 1, Nomor
2, Edisi Nopember 2015.
Di ambil dari: http://perpustakaan.uhn.ac.id/adminarea/dataskripsi/Jurnal%20Pendidikan%20Matematika%20dan%20Tearapan.pdf
Syamsuddin, Sadly. 2014. Sistem Pakar
untuk Diagnosa Penyakit yang Disebabkan oleh Nyamuk Berbasis WEB. Vol. 1 No. 1 September 2014
Di
ambil dari:
http://www.mdp.ac.id/jatisi/vol-1-no-1/JATISI_Vol_1_No_1_September_2014_6.pdf
Wardhani, Retno. 2013. Game Dasar-Dasar Hukum Islam Kitab Mabadi’ul fiqh JilidI.Vol. 5 No.2 September 2013. Di
ambil dari:http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/RETNO.pdf
Wibawanto.
Wandah. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif.
Di
ambil dari:
Widiastuti, Nelly Indriani. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Volume. I Nomor. 2, Bulan
Oktober 2012.
Di ambil dari:
Zamroni,
M, Rosidi.2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak
Menggunakan HTML 5. Vol. 5 No.2 September 2013
Di
ambil dari: http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf