Animasi Interaktif Pengenalan Permainan Tradisional Kalimantan Barat Untuk Siswa Sekolah Dasar

research
  • 26 Mar
  • 2018

Animasi Interaktif Pengenalan Permainan Tradisional Kalimantan Barat Untuk Siswa Sekolah Dasar

Siska Setiawati (12145785), Animasi Interaktif Pengenalan Permainan Tradisional Kalimantan Barat Untuk Siswa Sekolah Dasar 

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan dan beribukotakan Pontianak. Kalimantan Barat memiliki keanekaragaman seni budaya. Salah satu keanekaragaman seni budaya yang ada di Kalimantan barat adalah permainan tradisional. Permainan tradisional sudah mulai dilupakan oleh masyarakat terutama anak-anak. Kehadiran gadget dikalangan masyarakat khususnya anak-anak membuat permainan yang dulu pernah kita lakukan seakan menghilang. Selain itu, kurangnya permainan tradisional yang ditampilkan, akan berakibat pada kepunahan. Banyaknya manfaat permainan bagi proses pembelajaran perlu adanya pelestarian terhadap keutuhan permainan tersebut. Guru dapat memperkenalkan permainan tradisonal kepada siswa disekolah. Agar pembelajaran lebih interaktif maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang menarik agar siswa lebih tertarik untuk mempelajari tentang permainan tradisional kalimanatan barat. Dari berbagai jenis media pembelajaran interaktif yang diperkenalkan, salah satu media pembelajaran yang paling sering digunakan adalah media pembelajaran melalui media animasi interaktif. Oleh kerena itu, penulis membuat animasi interaktif tentang pengenalan permainan tradisional, yang bermaksud untuk memperkenalkan macam-macam permainan tradisional Kalimantan Barat kepada siswa sekolah dasar.  Agar pengetahuan mereka mengenai permainan tradisional Kalimantan Barat semakin bertambah. 

Unduhan

 

REFERENSI

_______. Permainan. Diambil dari: https://kbbi.web.id/main (1 Mei 2017) 

 _________.Tradisional. Diambil dari: https://kbbi.web.id/tradisional (1 Mei 2017) 

 Binanto, Iwan. 2010 . Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset 

 Darmawan, Iwan. 2015. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya.  Rosdakarya Offset 

Hidayatullah, Priyanto, M. Amarullah dan Zaky Rahim. 2011. Animasi  Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika 

Iqbal C.R., Muhammad, Muchammad Husni dan Hudan Studiawan. 2012. Implementasi Klien SIP Berbasis Web Menggunakan HTML 5 dan Node.js. Vol. 1 Sepetember 2012.   Diambil Dari: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/download/643/377 (30 April 2017). 

Munir. 2013. Multimedia- Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV.Alfabeta. 

Permana, Silverter Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.  Diambil Dari : http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/viewFile/119/pdf_ 01 (29 April 2017). 

Prihantari, Yovita Anum. 2013. Media Pembelajaran Adobe Photoshop CS3 Pada Sekolah Menengah Atas Kanisius Brahata Karanganyar. Vol. 2 No. 1 Maret 2013.  Diambil Dari : http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/579/569 (29 April 2017). 

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (Software reengineering). Jakarta: PT Prestasi Pustakarya   Roedavan, Rickhman. 2017. Construct 2 Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika Bandung 

Rosa, A.S., M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika 

Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo 

Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia 

Yudhiantoro. Dhani. 2007. Mengolah Foto Dari Kamera Handphone Gengan Photoshop CS2. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET 

Zamroni, M. Rosidi, Nizar Suryaman dan Ahmad Jalaluddin. 2013. Rancangan Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. Vol. 5 No.2 Septembet 2013.   Diambil dari : http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf (30 April 2017).