Permainan Edukasi Untuk Penyuluhan Kesehatan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Aplikasi Perangkat Bergerak

research
  • 26 Mar
  • 2018

Permainan Edukasi Untuk Penyuluhan Kesehatan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Aplikasi Perangkat Bergerak

Rada Claudya Verera (12146507), Permainan Edukasi Untuk Penyuluhan Kesehatan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Aplikasi Perangkat Bergerak.

Jajanan merupakan salah satu makanan atau minuman siap saji yang sering di jumpai dan disukai salah satunya oleh anak-anak. Ini dikarenakan kebiasaan jajan yang sangat melekat khususnya pada anak sekolah dasar. Pendidikan gizi sebaiknya diberikan sedini mungkin dengan menyebarkan pesan, dan informasi. Salah satu penerapan informasi dapat berupa media aplikasi permainan. Dengan adanya aplikasi permainan ini diharapkan dapat menyebarkan pesan/informasi agar anak sekolah dasar dengan usia 6-12 tahun dapat lebih memahami tentang pentingnya dalam memilih jajanan. Aplikasi permainan ini dibuat menggunakan aplikasi Construct 2 dengan metode pengembangan perangkat lunak berbasis multimedia. Data di kumpulkan dari hasil kuesioner 100 responden yang di dapat dalam 3 kategori pertanyaan dengan perhitungan menggunakan rumus skala likert. Adapun hasil kuesioner ialah kategori ke 1 dengan tampilan aplikasi mendapatkan 88,6% Sangat baik, kategori ke 2 dengan tujuan aplikasi mendapatkan 90,58% sangat baik dan pada kategori ke 3 dengan kemudahan aplikasi mendapatkan 86,25% sangat baik.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustiningsih. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Multimetode IPA SD Kelas V Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Vol 1 No 1, September 2010. Diambil dari: http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/1294/Jornal%20Agustin.pdf?sequence=1. ( 22 April 2017)

Anjuliani, Rizka, Lastri Widya astuti dan Hartini. 2015. Aplikasi ISC (Informatics Student Center) Menggunakan Metode Personal Extreme Programing Berbasis Android. Vol 6 No 1, Desember 2015. Diambil dari: http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG/article/download/12/11. (22 April 2017 )

Ariyati, Sri, dan Titik Misrita. 2016. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Vol II No 1. September 2016 . Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/369/278. (23 April 2017)

Awwali, Muhammad Ryza, dan Sulartopo. 2015. Media Pembelajaran Desain Grafis Di SMA 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif. Vol 8 No 1. April 2015. Diambil dari: journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/view/156. (22 April 2017)

Chumairoh, Mita Septiana, Budiman, dan Diema Hernyka Satyareni. 2014. Perancangan Bangun Aplikasi Mobile Pada Platform Android Berbasis HTML5 Studi Kasus Layanan Informasi Website UNIPDU Jombang. Vol 1 No 1. November 2014. Diambil dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=329740&val=7689&title=PERANCANG%20BANGUN%20APLIKASI%20MOBILE%20PADA%20PLATFORM%20ANDROID%20BERB NIPDU%20JOMBANG. (23 April 2017)

Ependi, Usman. 2016. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat Lunak Model Madlc. Vol 2 No 1. Maret 2016. Diambil dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20115. (22 April 2017)

Firdausy, Vidya Noer, Fahrul Agus, dan Indah Fitri Astuti. 2017. Aplikasi Android Hybrid Untuk Pemilihan Lokasi Kuliner. Vol 12 No 1. September 2017. Diambil dari: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/download/556/494. (22 April 2017)

Hartanto, Anggit Dwi, Windha Mega Pradnya Dhuhita dan Alfian Tinangon. 2014. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 dan HTML5. Diambil dari: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/.../15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?...1 (22 April 2017)

Heri dan Maulana. 2009. Promosi kesehatan. Jakarta: EGC.

Iklima, Nurul. 2017. Gambaran Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Usia Sekolah Dasar.Vol 5 No 1. April 2017. Diambil dari:

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jk/article/download/1774/1389. (22 April2017)

Insanittaqwa, Vika Fitratunnany, Imam Kuswardayan, dan Dwi Sunaryono. 2014. Game Edukasi “Simulasi Haji” Menggunakan Ren’Py Pada Perangkat Android Untuk

Simulasi Perjalanan Ibadah Haji. Vol 3 No 1. January 2014. Diambil dari:

http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/viewFile/5485/1669. (26 April 2017)

Irwansyah, Edy, dan Jurike V. Moniaga. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta:CV Budi Utama.

Juansyah, Andi. 2015. Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assited – Global

Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android. Edisi 1 Vol 1. Agustus 2015.Diambil dari: http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/673/jbptunikompp-gdl-andijuansy-33648-11-20.unik-a.pdf . (23 April 2017)

Kaddi, Sitti Murni. 2014. Strategi Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Dalam Menanggulangi

Bahaya Narkoba Di Kabupaten Bone. Vol 06 No 01. Februari 2014. Diambil dari:https://media.neliti.com/media/publications/28483-ID-strategi-penyuluhan-kesehatanmasyarakat-dalam-menanggulangi-bahaya-narkoba-di-k.pdf. (26 April 2017)

Munir, Prof. Dr. Munir, M.IT. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurhayati, Ai. 2012. Pengaruh Mata Kuliah Berbasis Gizi Pada Pemilihan Makanan Jajanan

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Vol 13 No 1. April 2012. Diambil dari: http://jurnal.upi.edu/file/1-ai.pdf. (22 April 2017)

Novaliendry, Doni. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO). Vol 6 No 2. September 2013. Diambil dari:http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013Dony%20Novaliendry.pdf. (22 April 2017)

Permana, Silvester Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol 7 No 2. November 2015. Diambil dari:ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/0. (22 April 2017)

Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi SmartPhone MultiPlatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Putra, Daniel. R. 2016. Panduan Praktis Dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon: CV.ASFA Solution.

Roedavan, Rickman. 2017. Construct 2 Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika Bandung.

Rosa. A.S Dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung

Safaat. H, Nazaruddin. 2015. Pemrograman Mobile SmartPhone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Setiyawan, Andri. 2016. Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis Android Dan Ios. Vol

Diambil dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf. (22 April 2017)

Siahaya, Griennasty Clawdya. 2016. Total Mikroba Dan Escherichia Coli Pada Pangan Jajanan. Vol VI No 4. November 2016. Diambil dari: http://2trik.jurnalelektronik.com/index.php/2trik/article/download/25/4. (26 April 2017)

Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.