Lisa Mutiari Rempani (12146709), Game Kuis Soal Ilmu Pengetahuan Umum Untuk Murid SD Berbasis Android
Game mempunyai potensi yang sangat besar dalam membangun motivasi pada proses pembelajaran. Game menggunakan model permainan secara random yang disesuaikan dengan Murid Sekolah Dasar, memiliki batas waktu permainan, animasi, teks dan gambar. Game kuis ilmu pengetahuan umum ini bertujuan sebagai media pembelajaran sambil bermain untuk membantu siswa/siswi Sekolah Dasar dalam memahami dan menguasai Ilmu Pengetahuan Umum. Pembuatan aplikasi game kuis Ilmu Pengetahuan Umum menggunakan game engine Construct 2 yang berbasis HTML5. Game ini merupakan game dengan genre trivia atau permainan yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Game ini memiliki 1 menu untuk mulai permainan, akan tetapi di dalam 1 menu, yaitu terdapat menu untuk setiap mata pelajaran yang di dalamnya terdiri dari soal-soal untuk dijawab. Pada tahap pembuatan game terdapat beberapa tahap seperti rancangan permainan, desain menu dan objek-objek. Sehingga dihasilkan aplikasi game kuis Ilmu Pengetahuan Umum yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android, IOS dan Windows. Spesifikasi minimum Ram 512mb, dan versi 4.0 untuk menjalankan permainan kuis Ilmu Pengetahuan Umum di smartphone Android dan untuk menjalankan permainan kuis Ilmu Pengetahuan Umum di Windows,OS Windows 32/64 bit (XO, VISTA, 7, 8 dan Windows 10) dengan aplikasi Browser Google Chrome dan Firefox.
TA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf
TA_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
TA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_11 Bab III Pembahasan.pdf
TA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf
TA_File_12 Bab IV Penutup.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA_File_2 Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_12 Bab IV Penutup.pdf
TA_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
TA_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_File_11 Bab III Pembahasan.pdf
TA_File_9 Bab I Pendahuluan.pdf
TA_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA_File_16 Lampiran-lampiran.pdf
TA_File_9 Bab I Pendahuluan.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA_File_2 Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_File_16 Lampiran-lampiran.pdf
TA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Caesar, Rio. 2015. Kajian Pustaka Perkembangan Genre Games Dari Masa Ke Masa. Vol. 1 No. 2 – Oktober 2015 Diambil dari: genre/jenis game by Caesar http://journal.isi.ac.id/index.php/jags/article/download/1301/pdf.(10 Mei 2017)
Hartanto, Dwi, Anggit, dkk. 2014. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct2 Dan HTML5. Diambil dari: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?sequence=1. (11 Mei 2017)
Harsono, Ma’ruf. 2014. Pengaruh Bermain Game Terhadap Perkembangan Remaja. Diambil dari: http://125.160.17.21/speedyorari/view.php?file=ebook/ebook-SU2013/SuryaUniv-Pengaruh-Bermain-Game-terhadap-Perkembangan Remaja.pdf. (02 Mei 2017)
Munir. 2015. MULTIMEDIA Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan.Bandung: Penerbit Allfabeta.
Novaliendry, Dony.2013. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 6. No.2, September 2013. Diambil dari: jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf. (09 Mei 2017)
Putra, Wahyu, Dian, dkk. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Muda. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol.1, No.1, Maret 2016. Diambil dari:http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/7/12.(3 Agustus 2017)
Riwanoto, Rizki1 dan salidowati2. 2016. Observasi Tingkat Stres dan Perfomansi Permainan Player Studi Kasus: Game Edukasi ChipMonk Season 1.Diambil dari:https://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/6259/5633. (10 Mei 2017)
Shalahuddin, M, S, A, Rosa. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA Bandung.
Safaat, Nazruddin. 2014. ANDROID Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC berbasis Andoid. Bandung: INFORMATIKA Bandung.
Utami, Fitri, Isvandiari, dkk. 2016. Teka-teki Unsur Kimia sebagai Media Pembelajaran Kimia Interaktif bagi siswa SMA Kelas X Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol.4, No.1, Januari 2016Diambil dari: http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/viewFile/12696/12313 (12 Mei 2017)
Wijayanto, Ridho. 2014. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah Ciater. Diambil dari:http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal/index.php/evo/article/viewFile/183/116. (02 Mei 2017)
Wardhani, Retno dan Yaqin, Husnul Moh. 2013. Game Dasar-Dasar HukumIslam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I. Jurnal Teknika. Vol.5 No.2September 2013. Diambil dari:http://www.journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/RETNO.pdf. (11 mei 2017)
Widiastuti, Indriani, Nelly dan Setiawan, Irwan. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol.1. No.2. Oktober 2012. Diambil dari:https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputa/article/view/60/57 (04
Agustus 2017)