Permainan Pembalajaran

research
  • 26 Mar
  • 2018

Permainan Pembalajaran

Dalam bidang pendidikan banyak hal yang bisa kita hubungkan antara teknologi dengan Pendidikan salah satunya yaitu dengan membuat media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu menyampaikan ilmu dari guru ke siswa agar mudah di mengerti dengan baik.. penulis berinisiatif untuk mengembangkan sebuah game yang tidak hanya asik untuk dimainkan tetapi juga dapat menguji mata pelajaran wajib yang diikuti untuk Ujian Nasional, seperti mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dalam permainan ini juga terdapat pertandingan atau Multiplayer dalam menguji kemampuan antara dua user siapa yang lebih cerdas/pintar menjawab soal-soal tersebut dengan waktu yang telah ditentukan, pada kategori tampilan aplikasi persentase menunjukan angka 82 dari profesi guru dan SDS Islamiyah menyukai tampilan aplikasi permainan kuis “Cerdas Cermat SD” sedangkan untuk tujuan aplikasi hasil persentase menunjukan angka 94 dari SDN 51 sungai raya dan SDS Islamiyah setuju bahwa dengan aplikasi permainan kuis “Cerdas Cermat SD” dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa-siswi.

Unduhan

 

REFERENSI

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya.  Yogyakarta: C.V Andi Offset

 

Firdaus, Taufik. 2012. Model Pembelajaran Menyampaikan Pendapat dalam Pembelajaran Berbicara Dengan Menggunakan Teknik Cerdas Cermat pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banyuresmi. Diambil dari: http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2013/01/Taufik.pdf (11 Mei 2017)

 

Firmansyah, Angga. 2013. Pembuatan Film Animasi 2D Menggunakan Metode Frame By Frame Berjudul “Kancil dan Siput”.

            Di ambil dari: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/167/153

 

Harsono, Ma’ruf. 2014. Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja. Diambil dari:

related:kambing.ui.ac.id/onnopurbo/ebook/ebookSU2013/SuryaUnivPengaruh-Bermain-Game-terhadap-Perkembangan-Remaja.pdf (16 Mei 2017)

 

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) MakerSoftware Penampung Kreativitas,    

Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset

 

Krisdian, Yohanes, dan Ernes Cahyo Nugroho. Aplikasi Lomba Burung Berbasis

AndroidVolume 21 No. 2, Desember 2015. Diambil dari: jurnal.stmik-aub.ac.id/index.php/goinfotech/article/view/49 ((15 Mei 2017)

 

Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung:       C.V Alfabeta

Novaliendry. Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif

(studi kasus siswa kelas ix smpn 1 rao). VOL. 6 NO. 2 September 2013. Diambil dari: jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf. ((20 Mei 2017)

Nurhasanah, Youllia Indrawaty. Dkk. 2011. Implementasi Model Cmifed pada

Multimedia Interaktif untuk pembelajaran anak usia tk dan playgroup. Vol. 2, Mei – Agustus 2011. Diambil dari: lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/.../No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf (11 Mei 2017)

 

Permana, Silvester Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android

Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015. Diambil dari: http://ejournal. st3telkom. ac.id/index. php/infotel/ article/viewFile/119/pdf_01  (9 Mei 2017)

 

Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta :

PT. Elex Media Komputindo

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak . Jakarta: Prestasi

            Pustaka

 

Rosa, Shalahuddin M.2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan

            Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan

Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung

Sakti, Leo Kumoro.2014. Pengembangan Raharja.ac.id Berbasis Hybrid mobile. Diambil dari: https://widuri.Raharja.info/index.php/SI1122468953# Aplikasi_Hybrid. (12 Mei 2017)

Zamroni, M.Rosidi. dkk. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan Html 5. Vol. 5 No.2 September 2013. Diambil dari: journal.unisla.ac.id/index.php?p=journal&id=212. (11 Mei 2017)