Pelaksanaan Pelayanan Prima Pada PT Yoga Indonesia

research
  • 12 Jul
  • 2018

Pelaksanaan Pelayanan Prima Pada PT Yoga Indonesia

ABSTRAK

Reni Ajiastika (22130666), Pelaksanaan Pelayanan Prima Pada PT Yoga Indonesia

Pelayanan prima adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh setiap karyawan di perusahaan terhadap pelanggan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga tercipta kepuasan pelanggan. Pelayanan prima sangatlah berperan penting dalam kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima terhadap pelanggan pada PT Yoga Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi pada periode Januari-Maret 2016. Pelaksanaan pelayanan prima di PT Yoga Indonesia dilakukan oleh resepsionis. Dalam pelaksanaan pelayanan prima resepsionis telah melakukan standar pelayanan yang diterapkan oleh perusahaan dimulai dari persiapan pelayanan, penyambutan pelanggan, memberikan informasi mengenai kegiatan usaha dan fasilitas yang tersedia, hingga membantu pelanggan melakukan pendaftaran keanggotaan PT Yoga Indonesia. Dari pelaksanaan pelayanan prima yang dilakukan resepsionis PT Yoga Indonesia terdata 46 orang pelanggan baru yang mendaftarkan diri menjadi anggota, 13 orang pada bulan Januari, 15 orang pada bulan Februari, dan 18 orang pada bulan Maret. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan pelanggan baru setiap bulannya. Pelaksanaan pelayanan prima pada PT Yoga Indonesia telah berjalan dengan baik, walaupun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan salah satunya yaitu bahasa, sehingga diharapkan PT Yoga Indonesia dapat memberikan pelatihan pada resepsionis dalam penggunaan Bahasa Inggris yang benar dan baik, demi kemudahan berkomunikasi dengan pelanggan yang berasal dari negara lain.


Unduhan

 

REFERENSI

Daryanto, dan Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Kasmir. 2006. Etika Customer Service. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mukarom, dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutedja, Wira. 2007. Panduan Layanan Konsumen. Jakarta: PT Grasindo.

Wood, Ivonne. 2009. Layanan Pelanggan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.