KAJIAN PENERIMAAN SISTEM PENDATAAN ULANG PESERTA PROGRAM PENSIUN : STUDI KASUS PADA DANA PENSIUN PLN

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2016-03-01

Penulis

Abstraksi

Pendataan ulang para pensiunan PLN rutin dilakukan setiap tahun pada Dana Pensiun PLN. Pendataan ulang tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang dapat diyakini kebenarannya. Sampai saat ini manajemen Dana Pensiun PLN berasumsi bahwa Sistem Pendataan Ulang yang mereka gunakan sudah efektif untuk mendapatkan data yang cepat, benar dan mutakhir. Manajemen juga berasumsi bahwa sistem pendataan ulang ini dapat diterima dengan baik oleh pengguna dan pemakai sistem tersebut. Penelitian ini mengadopsi Model UTAUT yang dikembangkan oleh Venkates et all (2003). Data sampel yang digunakan sebanyak 150 data yang diambil dari  hasil kuesioner. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan sistem pendataan ulang pensiunan dan juga melihat pengaruh moderating Gender, dan Umur dalam penerimaan sistem tersebut.  Metode pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak AMOS 18.0. Penelitian menjelaskan variabel endogen user behavior (UB) dipengaruhi oleh performance expectancy (PE) terjadi sebanyak 5.8 %. Sedangkan faktor-faktor lain yaitu effort expectancy (EE), Social Influence (SI), dan facilitating conditions (FC) sebanyak  94,2 % tidak berpengaruh terhadap penelitian ini. 

Kata Kunci: Effort expectancy, Facilitating conditions, Performance expectancy, Questionnaire, Social Influence, User Behavior, UTAUT

Bidang ilmu
Interaksi Manusia dan Komputer

Bibliografi

Asmani, M.J (2011).  Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan, Diva Press, Yogyakarta, 2011.

Ghozali, Imam (2004), Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Ver. 5.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang, 2004.

Ghozali, Imam. (2008). “Model Persamaan Struktural : Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2008.

Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007.

Indriani, M., Santosa, P.I., dan Kusumawardhani, S.S. (2012).  Efek Moderasi dari Usia dan Jenis Kelamin dalam Penerimaan E-KTP di Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta, 2012.

Santoso, S. Structural Equation Modelling – Konsep Dan Aplikasi Dengan AMOS, Membuat Dan Menganalisis Model SEM Menggunakan Program AMOS, PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta 2011.

Sejarah Dana Pensiun PLN. http://www.dppln.co.id/sejarah/1.htm

Sekaran, U. (2003), Research Methods for Business: A Skill Building Approach, 4th Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Sutedjo, Budi. (2002). Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2002.

Syarifuddin. Penerimaan dan Penggunaan Program Aplikasi Microsoft Office Bagi Siswa SMK: Studi Kasus SMK Pancakarya Tangerang, 2012.

Venkatesh, V., Morris, M.G., Davis, G.B., dan Davis, F.D (2003) User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, vol. 27, no.3, 2003, pp.425-478.

Wahyono, Teguh. (2004). Sistem Informasi (Konsep Dasar, Analisis, Desain dan Implementasi. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004

Widodo, Prabowo Pudjo. (2007). “Seri Structural Equation Modeling”, Universitas Budi Luhur, 2007.

Yulianti, dan Handayani, P.W. (2011), Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pengguna dalam Menggunakan Sistem ERP, Studi Kasus PT XYZ, vol.7, 2011