Pembuatan Aplikasi Kuis TIKOM (Teknologi Informasi Komunikasi) Berbasis Android

research
  • 23 Mar
  • 2018

Pembuatan Aplikasi Kuis TIKOM (Teknologi Informasi Komunikasi) Berbasis Android

Syarifah Indah Sella Parianti(12131234), Pembuatan Aplikasi Kuis Tikom (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Berbasis Android. 

Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran. Game edukasi dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan untuk belajar ilmu pengetahuan. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir dengan judul Pembuatan Aplikasi Kuis Tikom (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Berbasis Android. Dengan tujuan agar pelajar tidak merasa bosan untuk belajar dan dapat mencerdaskan pelajar. Karena jika pelajar hanya membaca buku saja, tentunya menjadi cepat bosan berbeda jika suatu pembelajaran diaplikasikan dalam sarana multimedia yang kreatif dan menarik. Game Kuis ini berisi soal-soal pilihan ganda dengan level yang berbeda. Game tambahan pada kuis ini, yaitu game Bubble Touch dimana pemain beradu cepat dengan waktu untuk menyentuh bubble. Didalam membuat suatu aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia ini, diperlukan suatu program yang mampu mengkombinasikan teks, grafik, suara, dan animasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, pembuatan game ini menggunakan software construct 2 dan photoshop.

Unduhan

 

REFERENSI

Aria, Ririn Restu.(2016). Perancangan  Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru.Perspektif.

Adnyana, Ida Bagus Yogi, and Rissal Effendi. (2014). "Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Persebaran Lokasi Obyek Pariwisata Berbasis Web dan Mobile Android (Studi Kasus Di Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar)." Jurnal

Teknologi Informasidan Komunikasi.

Gunawan, Fendik.(2017). "Aplikasi Game Petualangan bagi Anak–Anak sebagai Media Pembelajaran Flora dan Fauna di Indonesia." J-INTECH.

Hariyanto, Andrey, Adi Wibowo, and Agustinus Noertjahyana.(2013). "Sistem Manajemen Skripsi Program Manajemen Bisnis Berbasis Web Service dan PhoneGap." Jurnal Infra.

Hartanto, Adrian, et al.(2014). "Rancang Bangun Edugame Night At School Pada Android Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar."

Himmi, Muhammad Himmi Syahrul Abidin Muhammad, and Syahrul Abidin.(2015). "Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Network Berbasis Web Menggunakan HTML5 Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar." Jurnal Mahasiswa Fakultas Sains

dan Teknologi.

Imbar, R.V, and Eric Tirta.(2011). "Analisa, Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Pelumas Studi Kasus: Perusahaan “PT. Pro Roll International”." Jurnal Informatika.

Novaliendry, Dony.(2013) "Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO)." Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan.

Pambudi, Ari. (2013). "Implementasi Model Perangkat Lunak Pelayanan Informasi Kegiatan Belajar Mengajar Tingkat SLTA Dengan Berbasis Operating System Android." JIK: Jurnal Ilmu Komputer.

Permana, Silvester Dian Handy.(2016). "Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya." Jurnal Infotel.

Rohwati, M.(2012). "Penggunaan education game untuk meningkatkan hasil belajar IPA biologi konsep klasifikasi makhluk hidup." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Sidin, Udin Sidik.(2016). "Media Edukasi Pengenalan Huruf Lontara Makassar Berbasis HTML5." semanTIK.

Wardhani, MHY Retno, and Moh Husnul Yaqin.(2013). "Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I." Jurnal Teknika.

Widiastuti, Nelly Indriani.(2012). "Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo." Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika.

Wijayanto, Ridho.(2015). "Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada Mi Nurul Falah Ciater." Evolusi.