Mission X merupakan salah satu program game show yang ditayangkan oleh TRANS TV, tantangan bagi Produser yaitu penonton atau masyarakat yang kian hari semakin cerdas dalam memilih sebuah tayangan. Hal ini menarik peneliti untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser dalam mempertahankan eksistensi program Mission X pada stasiun televisi TRANS TV. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser dalam mempertahankan eksistensi program Mission X pada stasiun televisi TRANS TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penelusuran dokumen dan diakhiri dengan analisis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bagi Produser dan tim, komunikasi merupakan hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam tim. Seorang Produser dalam menentukan strategi kreatif program Mission X berlandaskan pada elemen-elemen sebagai berikut: target penonton, bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick and funfare, clip hanger, time and bumper, penata artistik, music and fashion, ritme dan birama acara, andago dan music track untuk ID tune, general rehearsel (GR), dan interactive program. Eksistensi program Mission X dapat bertahan dikarenakan adanya strategi kreatif yang selalu berinovasi dan komunikasi yang sudah terjalin dengan baik.
LEMBAR HASIL PENILAIAN SEJAWAT SEBIDANG ATAU PEER REVIEW - Murtiadi (MDI)
Bungin, B. (2007). Sosiologi
Komunikasi. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Gunawan, I. (2013). Metode Penulisan
Kualitatif: Teori dan Praktik.
Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2013). Metode
Penelitian Kualitatif. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2009). Manajemen Media
Penyiaran: Strategi Mengelola
Radio & Televisi. Jakarta:
Kencana.
Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi
Massa (4th ed.). Jakarta: Rajawali
Pers.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suprapto, T. (2007). Berkarir Di Bidang
Broadcasting. Yogyakarta: Media
Pressindo.
Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta: Buku Seru.
Wibowo, F. (2007). Teknik Produksi
Program Televisi. Jakarta: Pinus
Book Publisher.