Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Mission X Trans TV

research
  • 03 Apr
  • 2020

Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Mission X Trans TV

Mission X merupakan salah satu program game show yang ditayangkan oleh TRANS TV, tantangan bagi Produser yaitu penonton atau masyarakat yang kian hari semakin cerdas dalam memilih sebuah tayangan. Hal ini menarik peneliti untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser dalam mempertahankan eksistensi program Mission X pada stasiun televisi TRANS TV. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser dalam mempertahankan eksistensi program Mission X pada stasiun televisi TRANS TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penelusuran dokumen dan diakhiri dengan analisis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bagi Produser dan tim, komunikasi merupakan hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam tim. Seorang Produser dalam menentukan strategi kreatif program Mission X berlandaskan pada elemen-elemen sebagai berikut: target penonton, bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick and funfare, clip hanger, time and bumper, penata artistik, music and fashion, ritme dan birama acara, andago dan music track untuk ID tune, general rehearsel (GR), dan interactive program. Eksistensi program Mission X dapat bertahan dikarenakan adanya strategi kreatif yang selalu berinovasi dan komunikasi yang sudah terjalin dengan baik.



Unduhan

 

REFERENSI

Bungin, B. (2007). Sosiologi 

Komunikasi. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group. 


Gunawan, I. (2013). Metode Penulisan 

Kualitatif: Teori dan Praktik.

Jakarta: Bumi Aksara. 


Moleong, L. J. (2013). Metode 

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya. 


Morissan. (2009). Manajemen Media 

Penyiaran: Strategi Mengelola

Radio & Televisi. Jakarta:

Kencana. 


Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi 

Massa (4th ed.). Jakarta: Rajawali 

Pers.


Sugiyono. (2011). Metode Penelitian 

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta. 


Suprapto, T. (2007). Berkarir Di Bidang 

Broadcasting. Yogyakarta: Media

Pressindo. 


Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu 

Komunikasi. Jakarta: Buku Seru.


Wibowo, F. (2007). Teknik Produksi 

Program Televisi. Jakarta: Pinus

Book Publisher.