Perancangan Sistem Informasi “E-Commerce Astronomi Accessories And Souvenir” (Studi Kasus Toko Astronomi Jakarta)

research
  • 29 Mar
  • 2020

Perancangan Sistem Informasi “E-Commerce Astronomi Accessories And Souvenir” (Studi Kasus Toko Astronomi Jakarta)

Abstrak. Pada era millenial saat ini, internet atau teknologi informasi sudah sangat tidak asing lagi dan perkembangannya mengalami kemajuan yang sangat pesat baik di dunia informasi bisnis maupun hiburan sehingga informasi apapun yang kita butuhkan bisa kita dapatkan dengan mudah dengan memanfaatkan internet. Demikian halnya dengan perdagangan yang awalnya menggunakan sistem offline dengan mendatangi lokasi tempat toko tersebut berada, sekarang bisa digapai melalui internet atau yang biasa disebut perdagangan online via internet (e-commerce). Toko Astronomi yang bergerak dalam bidang retail saat ini menjual aksesoris dan souvenir serta barang penunjang pengamatan astronomi masih menggunakan cara offline sehingga penulis merasa perlu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perdagangan toko Astronomi tersebut dengan membuat website. Dengan adanya sistem informasi berbasis web ini pastinya akan membantu meningkatkan penjualan pada toko Astronomi itu sendiri. Selain itu diharapkan dapat mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang astronomi yang terdapat pada Toko Astronomi tanpa harus datang ke toko Astronomi. Dalam perancangan sistem informasi berbasis website ini penulis menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall dengan langkah awal yaitu menganalisis apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembuatan website tersebut. Penulis juga akan mendesain, membuat program dan melakukan pengujian, agar website tersebut dapat menjalankan fungsinya sebagai sistem informasi e-commerce pada Toko Astronomi sesuai dengan apa yang telah diharapkan oleh penulis dan pemilik toko Astronomi.

Unduhan

 

REFERENSI

Anthony, Andeka Rocky, Agustinus Fritz Wijaya. (2017). Analisis Dan Perancangan SIstem Informas Penjualan Berdasarkan Stok Gudang Berbasis Client Server (Studi Kasus Toko Grosir "Restu Anda). JTIIK, 136.
Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2), 126–137.
Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall, 175–183.
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-CommerceDalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 95.
Mubarok, A., & Hadianti, S. (2016). Perancangan Program Transaksi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Berbasis Web. Jurnal Informatika, III(1), 8.
Ningrum, D. P., & Kholil, I. (2015). Sistem Informasi Penjualan Dream Catcher Berbasis Web, (18).
Nurdin, A., & Darwati, I. (2017). Perancangan Web E-Commerce Pada Penjualan Jam Tangan. Teknik Komputer Amik Bsi, III(1), 74–79. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1345/1094
Susilowati, S. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Makam Baru Menggunakan Metode Rational Unified Process (Studi kasus pada Taman Pemakaman Umum Joglo Jakarta Barat). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 92–97. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/342