Pengaruh Tayangan Iklan TV Terhadap Brand Image Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin

research
  • 21 Feb
  • 2020

Pengaruh Tayangan Iklan TV Terhadap Brand Image Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin

Seiring adanya kesadaran masyarakat untuk kembali ke alam (back to nature). Maka tidak sedikit produsen yang beralih produknya ke arah herbal. Semakin menjamurnya obat herbal khususnya obat pereda masuk angin, maka persaingan ketat terjadi antar merek. Merek Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin adalah pemain baru dibandingkan merek Tolak Angin dan Antangin. Untuk mendapatkan respon di pasar, merek Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin mengiklankan produknya dengan bintang dangdut Cita Citata. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh tayangan iklan Terhadap Brand Image (Citra Merek) Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden dan melalui teknik analisa regresi linier didapatkan hasil yaitu tayangan iklan TV terhadap brand image (citra merek) Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin memiliki pengaruh yang signifikan. Analisa koefisien determinasi (R2) memperoleh sebesar 24,1% pada variabel iklan TV, sedangkan sumbangan sebanyak 75,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdullah, Sani & Taufik Edi Sutanto. (2015). Statistika Tanpa Stress. Jakarta: TransMedia Pustaka.

Baran, Stanley J. (2012). Pengantar Komunikasi Massa Melek Media dan Budaya. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Bisnis.com. (2016). 10 Tahun Terakhir, Obat Herbal Kian Diminati. http://semarang.bisnis.com/read/20160724/1/88556/10-tahun-terakhir-obat-herbal-kian-diminati.
Budiarjo, Lawu. (2013). 70 Artis Dongkrak Citra Sidomuncul. http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/08/230118/70-Artis-Dongkrak-Citra-Sidomuncul.
http://bintang7.com/product/obat-masuk-angin
Kartajaya, Hermawan. (2010). Sales Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Kartajaya, Hermawan. (2010). Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya dan Hooi Den Huan. (2017). Marketing for Competitiveness. Yogyakarta: Bentang.
Kusrianto, Adi. (2010). Menyusun layout iklan dengan CorelDraw. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
M.A., Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media
Sani K., Fathnur. (2016). Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.
Sumarwan, Ujang, Herien Puspitawati, Agustinus Hariadi, Mochammad Mukti Ali, Muhammad Gazali, Sri Hartono, Tara Farina. (2013). Riset Pemasaran Dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

SWA. (2015). Antangin Vs Tolak Angin, Panasnya Perang Obat Masuk Angin.https://m.tempo.co/read/news/2015/09/25/093703782/antangin-vs-tolak-angin-panasnya-perang-obat-masuk-angin
Wahyudi, Sandy. (2012). Entrepreneurial Branding and Selling. Yogyakarta: Graha Ilmu.