Perancangan Aplikasi Parenting Penguatan Perilaku Positif Anak Oleh Orang Tua Berbasis Android

research
  • 20 Feb
  • 2020

Perancangan Aplikasi Parenting Penguatan Perilaku Positif Anak Oleh Orang Tua Berbasis Android

Saat ini banyak orang tua memberikan fasilitas smartphone pada anaknya dengan alasan agar komunikasi antara mereka tetap terjaga, terutama bagi orang tua yang sibuk dengan karirnya. Namun sayangnya, kecendrungan anak-anak untuk memilih bermalas-malasan dengan smartphone yang dimiliki dibandingkan dengan melaksanakan kewajiban mereka. Sehingga smartphone yang harusnya
memberikan manfaat positif justru menjadikan perilaku anak cenderung mengarah ke hal yang negatif. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi mobile untuk orang tua dan anak yang dapat membantu mengurangi perilaku negatif anak menjadi ke arah yang lebih positif. Metode waterfall digunakan untuk pembangun aplikasi ini. Sedangkan untuk pembuatan aplikasi ini, penulis memilih Android Studio
sebagai Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi. Aplikasi Parenting berbasis Android ini dapat membantu orang tua dalam pembentukan perilaku positif anak disamping kesibukannya. Pada aplikasi ini, orang tua dapat memberikan daftar tugas yang harus diselesaikan oleh
anak dengan rentang waktu tertentu. Pada login anak, anak dapat memberikan status tugas yang telah
diberikannya. Jika anak telah menyelesaikan tugasnya, orang tua dapat memeriksa dan memberikan skor
tugas tersebut, dimana skor tersebut akan terakumulasi. Pada posisi skor tertentu, orang tua dapat
memberikan reward kepada anaknya.

Unduhan

 

REFERENSI

[1]
P. H. Pebriana, “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial,” Jurnal Obsesi Tahun Halaman, Volume 1 Nomor 1, pp. 1-11, 2017.
[2]
I. Rakhmawati, “Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak,” KONSELING
RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 6, No. 1, pp. 1-17, Juni 2015.
[3]
J. V. Mokalu, N. N. Mewengkang dan J. P. Tangkudung, “Dampak Teknologi Smartphone Terhadap Perilaku Orang Tua,” e-journal “Acta Diurna” , Volume V. No.1, pp. 16-24, 2016.
[4]
W. Anantasari, A. W. Jufri dan A. S. Hadi, “Efektifitas Penggunaan Media Video Berbasis Lingkungan (Mvbl) Dalammeningkatkan Perilaku Positif Anak Terhadap Lingkungan,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), Vol 1, No 1, Januari 2015.
[5]
T. Alia, “Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital,” A Journal of Language, Literature, Culture, and Education. POLYGLOT, Vol.14 No.1, pp. 65-78, Januari 2018.
[6]
U. Mufidah, “Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini,” Journal of Early Childhood Education Papers, Papers 1 (1), pp. 1-5, 2012.
[7]
H. Supriyono, A. N. Saputra, E. Sudarmilah dan R. Darsono, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android,” Jurnal Informatika,vol. 8, No. 2, pp. 907-920, July 2014.
[8]
F. Sifauttijani, T. Listyorini dan R. Meimaharani, “Pencarian Rumah Makan Berbasis Android,” Jurnal SIMETRIS, vol. 8 No 1, pp. 309-316, April 2017.
[9]
A. Satyaputra dan M. Aritonang, Let’s Build Your Android Apps with Android Studio, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.
[10]
Yurindra, Software Engineering, Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2017.