ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TIGA DIMENSI

research
  • 16 Feb
  • 2020

ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TIGA DIMENSI

Sistem pembelajaran masyarakat yang  masih  menggunakan cara  manual  yaitu dengan bertatap  muka dikelas private maupun berkelompok kurang efektif. Dengan masalah biaya untuk praktek pembelajaran yang berupa fisik yang mahal contohnya seperti belajar perakitan komputer. Terlebih lagi dengan tenaga kerja  yang  terbatas  pada  umumnya,  membuat  masyarakat tidak  ada  niat  untuk  belajar.  Fasilitas  dan pengajaran terhadap masyarakat dalam pembelajaran diharapkan dapat diberikan secara maksimal sehingga masyarakat dapat mengimplementasikan pembelajaran yang berguna untuk pendidikan ataupun pekerjaan. Metode demonstrasi menjadi salah satu acuan agar masyarakat cepat tanggap dalam mempelajari sesuatu seperti pengenalan dan perakitan komputer. Animasi Interaktif pengenalan komputer yang berbasis tiga dimensi dan dibantu dengan metode demonstrasi memungkinkan pengguna dapat belajar dan lebih paham dengan sendirinya karena dibantu objek – objek tiga dimensi yang dapat dilihat seperti terlihat aslinya. Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan animasi interaktif ini adalah dengan Unity dan Blender 3D untuk modeling 3D.


Unduhan

 

REFERENSI

Agus Eko Purnomo, Dimas Sasongko. 2013. Media Pembelajaran Sistem Operasi Kelas X pad SMK Muhammadiyah 4 Sragen. ISSN : 2302-5700. Sragen : Indonesian Journal on Networking and Security Volume 2 No.1 – Juli 2013.


Anwar, Sudjimat, Suhartadi. 2009. Pengaruh Media Pembelajaran Dua Dimensi, Tiga Dimensi, dan Bakat Mekanik Terhadap Hasil Belajar Sistem Pengapian Motor Bensin di SMK Kota Mojokerto.ISSN :141- 150. September 2009.


Azhar Arsyad, 2010. Media Pengajaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.


Darma, Jarot, Shenia. 2009. Buku Pintar Menguasai Multimedia. Jakarta : PT. TransMedia.


Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.


Flavell, Lance. 2010. Beginning Blender Opensource 3D Modelling, Animation, and Game Design. NewYork : Apress.


Gao, Jacob, Tsao. 2004. Testing and Quality Assurance For Component-Based Software. Canton Street : Artech House, Inc.


Harsaningtyas, Lalita. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edu Game Prosedur Perakitan Komputer Pada Standar kompetensi Merakit Perangkat Keras Komputer Jurusan Elektronika Industri di SMK Negri 3 Boyolangu Tulungagung. ISSN : 797-801. Surabaya : Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Volume 2 No.2 Tahun 2013.


Indrajani, Martin. 2007. Pemrograman Berbasis Objek dengan Bahasa Java.Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.


James, Daniel. 2009. Crafting Digital Media. New York : Apress The Experts Voice.


Loveland, Miller, Prewitt, Shannon. 2005.S oftware Testing Techniques Finding The Defects Than Matter. Hingham : Charles River Media.


Novaliendry, Dony. 2013. Multimedia Interaktif Instalasi PC untuk Kelas X (Studi Kasus SMK Negeri Sijunjung). ISSN : 2086-4981. Padang : Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan Vol 6 No.1 Maret 2013.


Puspitosari, Heni.A. 2011. Animasi Grafis Dengan Adobe Flash CS 5 Tingkat Lanjut. Jakarta : Skripta.


Rickyanto, Isak. 2005. Dasar Pemrograman Berorientasi Objek dengan JAVA 2 (JDK 1.4). Semarang : Andi Offset.


Siti Umayah, Sri Haryani, Woro Sumarni. 2013. Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi sebagai Media Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Kehidupan. ISSN : 2252-6609. Semarang : Unnes Science Education Journal 2 2013.


Sunarto. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.


Supardi, Yuniar. 2009. Belajar  Semua  Edisi Java 2 Untuk Segala Tingkat. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.


Unknowncom. 2012. Producing iOS 6 Apps. United States Of America : UnknowComInc.


Widodo, Jasmandi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.


Yulianingsih, Etin Solihatin, Raharjo. 2013. Upaya meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode demonstasi dalam pembelajaran PKN. ISSN : 2337-5205. Jakarta : Jurnal PPKN UNJ Online Volume 1, Nomor 2, Tahun 2013.