Perancangan Sistem Informasi Administrasi Berbasis Web Pada MI Raudhatuttauhid Purwakarta

research
  • 16 Dec
  • 2019

Perancangan Sistem Informasi Administrasi Berbasis Web Pada MI Raudhatuttauhid Purwakarta

ABSTRAK

Susanti (12163556), Perancangan Sistem Informasi Administrasi Berbasis Web Pada MI Raudhatuttauhid Purwakarta

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudhatuttauhid merupakan salah satu lembaga pendidikan di daerah Purwakarta. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya sarana untuk mempercepat kinerja dan efisiensi dalam administrasi sekolah khususnya administrasi pembayaran sekolah seperti pembayaran infaq, pembayaran tabungan dan pengambilan tabungan serta pembelian baju seragam sekolah. Sistem pengolahan administrasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudhatuttauhid tersebut masih dilakukan secara konvensional menggunakan kertas dan buku sehingga menyebabkan penumpukan kertas, keterbatasan berbagi data dan ketidaksamaan data. Pelayanan yang diberikan pada orangtua siswa tidak maksimal dikarenakan kemungkinan dalam ketidakakuratan data. Dari permasalahan tersebut penulis bertujuan untuk membuat rancangan sistem informasi administrasi sekolah. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode waterfall yang dapat membantu dalam proses perancangan sistem informasi administrasi yang akan penulis rancang. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat mempermudah dalam mengelola administrasi keuangan sekolah menjadi lebih cepat, tepat dan akurat.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

A.S, Rosa dan Shalahudin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Abdulloh, Rohi. (2016). Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Gobel, Erwin Zubair dan Yosep.P Koton. (2017). Pengelolaan Danau Limboto Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Yogyakarta: Deepublish.

Huda, Gan gan Nurul. 2016. Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Keuangan Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Pendekatan Unified Approach. Garut. Jurnal Algoritma. Vol.13, No.1:228-229.

Haqi, Bay dan Heri Satria Setiawan. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Hutahaean, Jeperson. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Junianto dan Yusa Primaesha. 2015. Perancangan sistem Tracking Invoice Laboratorium pada PT Sucu Findo (Persero) Bandung. Bandung. Jurnal Informatika. Vol II, No.2:442-452.

Jumardi, Rio. (2019). Website Statis Konsep dan Praktik HTML-CSS. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Kristanto, Vigih Hery. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Mardiani, Gentisya Tri. 2015. OOAD (Object Oriented Analysis and Design) UML Part 2 (Activity diagram, Class diagram, Sequence diagram). Hlm 59.

Marisa, Fitri. (2016). Web Programming (Client Side and Server Side). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mulyani, Sri. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Bandung: Abdi Sistematika.

Mulyani, Sri, Leni Suzan, Yusar Sagara, dkk. (2018). Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi di Sektor Publik. Bandung: Unpad Press.

Muslihudin, Muhamad dan Oktafianto. (2016). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Prasetyo, Hoedi dan Wahyudi Sutopo. 2018. Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. Surakarta. Jurnal Teknik Industri. Vol.13, No.1:19.

Puspitasari, Diah. 2016. Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web. Bekasi. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol XII, No.2:227-240.

Rukun, Kasman dan Herawan Hayadi. (2018). Sistem Informasi Berbasis Expert System. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Supono, Putratama dan Vidiandry. (2018). Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.

Yanto, Robi. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish.

Zamaludin, Isyal, Wina Yusnaen, dan Silvy Amelia. 2016. Perancangan PembelajaranJarak Jauh (E-Learning) Bahasa Jerman Berbasis Web. Jurnal PROSISCO. Vol.3, No2:21.