Perancangan Sistem Informasi Adminiatrasi Keuangan Santri Pondok Pesantren Minhajut Thalibin Subang

research
  • 06 Dec
  • 2019

Perancangan Sistem Informasi Adminiatrasi Keuangan Santri Pondok Pesantren Minhajut Thalibin Subang

ABSTRAK

Kintan Nurhendi (12161560), Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Santri Pondok Pesantren Minhajut Thalibin Subang

Sistem informasi sebagai bentuk produk dari ilmu pengetahuan dan teknologi, kini telah banyak digunakan lembaga, instansi, perusahaan maupun organisasi. Pendidikan merupakan hal penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan jaman, terutama ilmu agama. Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang berkecimpung dibidang pendidikan agama yang bertujuan menghasilkan generasi berakhlaqul karimah dan selalu memegang teguh norma agama disetiap kehidupan sehari-hari. Pondok pesantren Minhajut Thalibin ini merupakan salah satu pondok pesantren yang ingin menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi saat ini, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi sebagai media untuk membantu proses pembayaran, pengolahan dan penyimpanan data yang masih ditulis dengan media buku (konvensional). Pondok pesantren minhajut thalibin sangat membutuhkan sistem informasi pembayaran yang terkomputerisasi untuk mengatasi masalah tersebut. Sistem informasi akan mengurangi terjadinya kesalahan, meringankan pekerjaan, mengefisienkan waktu dan memberikan informasi yang akurat, hal ini menjadi sebuah solusi untuk Pondok pesantren minhajut thalibin. Hal ini membuat waktu yang digunakan dalam proses pembuatan dokumen, pencarian data, dan terutama ketika proses pembayaran menjadi lambat dan sering terjadi kesalahan. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk pengembangan perangkat lunak adalah model prototype. Model prototype dapat digunakan untuk menyambung ketidakpahaman pelanggan mengenai hal teknis dan memperjelas spesifikasi kebutuhan yang diinginkan pelanggan kepada pengembangan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem informasi administrasi keuangan santri pondok pesantren minhajut thalibin yang dikembangkan dapat membantu proses pendataan, pencarian data, dan pembuatan laporan yang sebelumnya dilakukan secara konvensional. Diharapkan dengan adanya sistem informasi administrasi keuangan santri dapat membantu menghasilkan data yang akurat.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Abdulloh, Rohi. 2016. Easy and Simple-Web Programming. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ariyanti, Dewi dan Utomo Prawido.2014.Jurnal Sisfotek Global, Vol.4. No.02 September 2014. Sistem Informasi Pembayaran dan Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web.

Herliana, Asti.2014.Jurnal Informatika, Vol.1. No.2 September. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Data Pribadi Dan Nilai Mahasiswa Diperguruan Tinggi (Studi Kasus Universitas Kebangsaan Bandung)

Hutahean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta:Deepublish.

Irawan dan Retnoningsih.2017.Informatics For Educators and Profesionals, Vol.1 No.2, Juni 2017. Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada SMP Darun Nurjati Kota Bekasi.

Kristiyanti, Dinar Ajeng. 2015. Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, Vol.1, No.1 Februari 2015. E-commerce Merchandise Kampus Pada PT. Come Indonusa Jakarta Menggunakan Unified Modeling Language.

Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisa Dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Muryati, Muri dan Darwati indah.2015. Jurnal sistem informasi STMIK antar bangsa. Vol.4, No.02 Agustus 2015. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Komputer Dan Suku Cadang Berbasis Web Pada Toko ALATHEA COMPUTER Depok.

Nugraha dan Setiawan. 2016.Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Vol.13 No.01. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Administrasi Keuangan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Assalam Garut.

Rahman, Mariati. 2017. Ilmu Administrasi. Makasar: CV SAH MEDIA.

Rohani, Yoyok. 2015. Jurnal Bianglala Informatika, Vol.3, No.2 September 2015 Rancangan Aplikasi E-learning Pada Sekolah Menengah Pertama.

Rosliana dkk. 2015. Jurnal Sistem Informasi STMIK antar bangsa. Vol.4, No.02 Agustus 2015.Sistem Informasi Peminjaman Dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan SMPN 20 Bekasi.

Susanti, Eka Dewi. 2017. Journal Of Information And Technology, Vol 05, No 01. Sistem informasi administrasi keuangan sekolah berbasis web di SMK YP 17 Selorejo-Blitar.

Susanti, Melan.2016.Jurnal Informatika, Vol.3 No.1, April 2016. Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta.

Sukamto, Rosa Ariani dan Shalahuddin M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informasi Bandung.

Tolib, Abdul. 2015. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol.1 No.1, Desember 2015

Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern.

Pratama, A.E. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika.