Perancangan Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Klinik Mata Dr. Suparman Cikampek

research
  • 06 Dec
  • 2019

Perancangan Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Klinik Mata Dr. Suparman Cikampek

ABSTRAK

Kamal (12165838), Perancangan Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Klinik Mata Dr. Suparman Cikampek

Berkembangnya teknologi yang sangat pesat pada saat ini menjadikan informasi sebagai hal yang sangat penting peranannya dalam menunjang jalannya operasi-operasi demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh sebuah perusahaan. Contohnya seperti usaha dalam bidang jasa kesehatan seperti Apotek, Rumah Sakit, Klinik, dsb. Persediaan obat dalam suatu rumah sakit, apotek maupun klinik memiliki arti yang sangat penting. Karena, persediaan obat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanannya. Oleh karena itu, sistem persediaan obat yang baik harus diterapkan oleh pihak klinik untuk membantu kelancaran dalam kegiatan operasionalnya. Klinik Mata Dr. Suparman sangat membutuhkan sekali suatu sistem persediaan yang baik agar mampu menunjang pengelolaanya menjadi lebih baik lagi. Jika sistem persediaannya masih menggunakan buku akan menyebabkan pencatatan data menjadi tidak akurat. Selain itu juga masalah yang sering dihadapi adalah sering adanya obat yang expired tidak cepat diketahui karena tidak adanya pemberitahuan, bila akan melihat stok yang ada harus mencari satu persatu dalam buku stok obat. Sistem akan dibangun berbasis desktop menggunakan bahasa pemrograman Java Netbeans. Terbangunnya sistem persediaan obat pada Klinik Mata Dr. Suparman, dapat membantu bagian logistik dalam melakukan pendataan obat keluar dan masuk ke dalam Klinik serta mempermudah dalam membuat laporan persediaan obat.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Manengkey. (2014). Analisa Sistem pengendalian Intren Persedian Barang Dagang Dan Penerapan Akutansi Pada PT.Cahaya Mitra Alkes. Jurnal EMBA, 2(3), 013-021.

Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Bandung: Yogyakarta Deepublish.

Anggraeni, Dewi. 2017. Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Piutang Dagang Pada CV. Panen Raya Persada Pontianak. Diambil dari: https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/27. (21 Juni 2019).

Elisabet Yunaeti Anggraeni, dan Rita Irviani. 2015. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Mulyana, Ujang. 2018. Perancangan Sistem Persediaan Obat Pada Castellum. Diambil dari: https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/17489. (21 Juni 2019).

Munthe Ibnu Rasyid dan Sudi Suryadi. 2018.Bahasa Pemograman Pascal. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Nofriadi. 2018. Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Haqi Bay dan Heri Satria Setiawan. 2019. Apalikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Harianto Kusno DKK. 2019. Sistem Motoring Lulusan Perguran Tinggi Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan TRACER STUDY. Surabaya. Mellia Sahabat Cendikia.

Rosa, A. S., dan M. Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: In-formatika.

Masruri dan Java Creativity. 2015. Membangun SMS Gateway dengan Gammu & Kalkun. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Safrina. 2018. Sistem Informasi Persediaan Obat-Obatan (Sipoan) Pada Puskesmas Sejangkung Berbasis Web. Diambil dari: https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/18113. (21 Juni 2019).

Munawar. 2018. Analisa Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung: Informatika.