Animasi Interaktif Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada Siswa SDN Nagasari 1 Karawang

research
  • 05 Dec
  • 2019

Animasi Interaktif Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada Siswa SDN Nagasari 1 Karawang

ABSTRAK

Soni triono (11160467) Animasi Interaktif Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada SDN Nagasari 1 Karawang

Bagi peserta didik SDN Nagasari 1 Karawang khusunya pesera didik yang baru naik tingkat selanjutnya terkadang materi pelajaran yang disampaikan tidak mudah dipahami atau seringkali peserta didik merasa jenuh dan malas untuk memahami dan membaca buku. Padahal belajar akan menjadi menyenangkan apabila kita dapat menggunakan metode media interaktif. Media pembelajaran berupa animasi interaktif digunakan sebagai salah satu solusi dalam penyampaian materi untuk kegiatan belajar mengajar, pembahasan mengenai pembelajaran mengenal lafazd tajwid agar peserta didik dengan mudah menyerap dan memahami materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar atau guru. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik seperti animasi interaktif diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar dan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat animasi interaktif ini adalah Adobe Flash CS6.


Unduhan

 

REFERENSI

Daftar Pustaka

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Rancangan Animasi Pembelajarn Interaktif Alfabet Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik Komputer, II(1), 59–67. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/363/272.(2018)

Hardyana, S. E., & Herlawati. (2016). ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN KHAS PULAU INDONESIA BERBASIS ANDROID PADA TK KUPU-KUPU MUNGIL BEKASI. 1(8), 9–21.

Kholis, A., & Heriawati. (2015). ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN TAJWID PADA TAMAN QUR ’ AN ANAK ( TQA ). I(2), 159–170. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/247/213. (2018)

Madcoms. (2015a). Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CC 2014. Jogyakarta.

Madcoms. (2015b). Kupas Tuntas CorelDRAW X7. Madiun: Andi.

Nadiroh, Y., & Hidayat, R. (2017). Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Hiragana Jepang Pada SMAN 13 Kabupaten Tangerang. III(1), 125–129. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/1492/1120. (2018)

Rosmaidah, I., & Destiana, H. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah Pada TKQ Al-Khoiriyah. III(1), 100–105. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/1350/1098. (2018)

Shalahuddin, M., & A.S., R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur da Berorientasi (3 ed.). Bandung.

Wijayanto, R. (2014). PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS 2 PADA MI NURUL FALAH CIATER. II(1), 1–11.