Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada MA. Darul Hikmah Berbasis Web

research
  • 29 Nov
  • 2019

Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada MA. Darul Hikmah Berbasis Web

ABSTRAK

Ema (12164841), Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web pada MA. Darul Hikmah

Seiring berkembangnya ilmu teknologi pada saat ini, semakin penting juga peranan teknologi dalam masyarakat, beberapa diantaranya digunaan dalam bidang pendidikan. Namun saat ini belum banyak sekolah yang meyelenggarakan penerimaan siswa baru berbasis online. Sehingga sering terjadi kendala dalam penerimaan siswa baru pada sekolah yang belum menerapkan sistem tersebut. Seperti pada sekolah Madrasah Aliyah Darul Hikmah yang masih mengalami kesulitan dalam proses penerimaan siswa baru seperti pembuatan laporan penerimaan siswa baru serta rentan nya dokumen-dokumen penerimaan siswa baru terjadi kerusakan dan hilang. sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai sistem penerimaan siswa baru pada MA. Darul Hikmah yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Perancangan sistem informasi ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang ada, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada proses penerimaan siswa baru ini. Diharapkan sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem penerimaan siswa baru yang sekarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

BINANTO, I. (2014). Analisa Metode Classic Life Cycle (Waterfall) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Universitas Sanata Dharma.

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML sistem informasi Monitoring Penjualan dan stok barang. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). https://doi.org/10.2135/cropsci1983.0011183X002300020002x

Hendrianto, D. E. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Indonesia Journal on Networking and Security.

Irmayani, W., & Susyatih, E. (2017). Sistem Informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Berorientasi Objek. Khatulistiwa Informatika.

Nugraha dan Octasia. (2016). Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis E-Commerce. Sniptek. https://doi.org/10.1016/j.carbon.2006.06.004

Prabowo, W. S., & Agustina, C. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Web Pada SMK Negeri 1 Purworejo. Jurnal Khatulistiwa Informatika.

Prayitno, A., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Infromasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMR.756-759.138

Risdiansyah, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Desktop pada SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya Deni. Khatulistiwa Informatika.

Ruhul Amin. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU PADA SMK BUDHI WARMAN 1 JAKARTA. JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KOMPUTER.

Sidik, F., & Rahmawati, M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Pada SMK Bina Putra Jakarta. Paradigma.

Sunarti. (2015). Jurnal Evolusi Volume 3 No 2 ‐ 2015 ‐ lppm3.bsi.ac.id/jurnal. Jurnal Evolusi.

Witanto, R., & Solihin, H. H. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web ( Studi Kasus : Smp Plus Babussalam Bandung ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jtik.v6i2.107