STANDAR OPERASIONAL RESERVATION SECTION DI CAKRA KUSUMA HOTEL YOGYAKARTA

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2014-09-01

Abstraksi

Reservasi adalah salah satu bagian dari front office departemen, yang bertugas menerima pesanan kamar tamu tamu yang akan menginap di hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana standard opersional yang diterapkan oleh bagian reservation section di Cakra Kusuma hotel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap beberapa staff kantor depan hotel.  Ketatnya persaingan hotel, menuntut hotel Cakra Kembang untuk menerapkan standard operasional bagi kantor depan hotel. Penerapan standar operasional bagi reservation section di hotel Cakra Kembang, bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang mampu memberikan kepuasan pelanggan, sehingga tercipta  repeat bussines. Selain itu standar operasional yang tepat, memberikan kemudahan bagi bagian reservasi dalam menangani keluhan pelanggan. Pesanan kamar tamu bisa berasal dari tamu individu atau tamu rombongan. Standar operasional prosedur yang ada di kantor depan hotel Cakra Kembang, diantaranya meliputi standar operasional prosedur pemesanan kamar, penanganan kedatangan tamu, perubahan pemesanan kamar, dan penanganan keluhan tamu. Standar operasional prosedur, yang diterapkan di kantor depan hotel Cakra Kembang, sudah dilaksanakan dengan baik oleh semua staff dan operasional berjalan dengan lancar. 

Kata Kunci: Standar Operasional, Reservasi, dan Front Office

URI
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/505

Bidang ilmu
Perhotelan dan Pariwisata

Bibliografi

Bagyono. 2006. Teori dan Praktek Hotel Front office. Bandung: C.V.Alfabeta 

 

Sambodo, Agus.,  dan Bagyono.   2006.    Dasardasar      Kantor     Depan Hotel. Yogyakarta: C.V Andi Offset 

 

Soenarno, Adi. 2006. Front Office Management. Yogyakarta: C.V. Andi Offset. 

 

Sulastiyono Agus. 2010. Akomodasi Perhotelan. Jakarta: Grasindo. 

 

Sulastiyono, Agus. 2007. Teknis dan Prosedur Divisi Kamar pada bidang Hotel. Bandung :  CV.Alfabeta. 

 

Sutanto. 2010. Menerima dan Memproses Reservasi. Bandung : CV.  Alfabet