- Analisa Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-05-10

Abstraksi

Penelitian ini berisi tentang, Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa pada SMK N 57 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I, II, III sebanyak 1034 siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan Jenis Penelitian Deskriptif Statistik, dan metode analisis data yang digunakan adalah Pearson Product Moment. Data-data yang disajikan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pusaka sebagai data pendukung serta referensi yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah Pearson Product Moment, dengan hasil perhitungan pengujian hipotesis menunjukan H0  ditolak dan H diterima  yang  berate  penggunaan  game  online  pada  siswa  berpengarusedang  signifikan terhadap minat belajar siswa. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa yang ditunjukan dari koefisien korelasi sebesar 0,585, signifikan di uji melalui thitung  sebesar 6.946 yang lebih besar dari rtabel  1,662. Nilai R (R Square) sebesar 0,352 menjelaskan bahwa pengaruh variabel Game Online terhadap Minat Belajar Siswa sebesar 35,2% dan selebihnya dipengaruhi faktor lain diluar game online yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Game online, Minat Belajar

URI
http://speed.web.id/ejournal/index.php/speed/article/view/371/364

Bidang ilmu
Pemrograman Web

Bibliografi

Angela.   (2013) Pengaruh   Gam Online Terhadap  Motivasi  Belajar  Siswa  Sdn

01 Kelurahan  Sidomulyo  Kecamatan Samarinda Ilir. eJournal Ilmu Komunikasi,

1(2), 532–544.

Hartoko, A. (2010). YOU WON! Menang, Pahami Cheat dan Dapat Duit Lewat Game Online. Yogyakarta: Pustaka Grhatama. Komputer, W. (2009). Solusi Mudah dan Cepat

Menguasai SPSS 17.0 untuk Pengolahan Data   Statistik Jakarta:   Elex   Media

Komputindo.

Priyatno, D.  (2009).  Jam  Belajar  Olah  Data dengan SPSS17. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono.      (2010).      Metode      Penelitian Administrasi  dilengkapi  dengan  Metode

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.  (2011).  Metode  Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni.    (2014).    Metodologi    Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.