Pada industri telekomunikasi khususnya di Indonesia, konsumen memegang peranan penting dalam kesuksesan penjualan perusahaan. Diperlukan suatu strategi pemasaran yang baik, yang dapat memprediksi segala kemungkinan peluang dan tantangan dimasa mendatang. Menjaga kesetiaan konsumen (loyalitas pelanggan) harus dapat dilakukan oleh perusahaan dalam jangka waktu yang lama agar tidak terjadinya suatu kondisi dimana produk menjadi hilang karena tidak adanya suatu “service after sales”. Hal-hal semacam itulah yang akhirnya memunculkan suatu konsep “customer relationship management” yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kepuasan konsumen
SNIPTEK-2016-Martias
Buttle, Francis. (2007).
Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) : Concept and
Tools. Malang :Bayumedia Publishing.
Gordon, I. (2002). Best
Practices : customer relatonship management . I vey Business Journal,
Novembver/Desember
Kalakota, Ravi., and
Marcia Robinson. (2001). e-Business 2.0 : Roadmap For Success. Addison-Wesley,
Boston.
Kotler, Phillip dan
K.Keller. (2012). Marketing Management. New Jersey, Prentice Hall
Laudon, K.C., and C. G.
Traver. (2005). E-Commerce. Addison Wesley, Boston.
Temporal, Paul., and
Martin Trott. (2001). Romancing The Customer. Jakarta : Salemba
Empat
Turban, Efraim.,King,
David., Viehland, Dennis., Lee, Jae. (2004). Electronic Commerce : A Managerial
Perspective. Pearson Education, New Jersey.