ANALISA SIZE CITRA SEL TUNGGAL NUKLEUS MENGGUNAKAN GLOBAL THRESHOLD DAN OPERASI KANAL WARNA

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2014-04-12

Abstraksi

Pap Smear merupakan salah satu metode deteksi dini pencegahan kanker serviks. Sel mikroskopik Pap Smear dideteksi oleh ahli patologi dan dokter untuk menentukan sel tersebut normal atau abnormal. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data citra Harlev, yang terdiri dari 280 citra yang sudah dikategorikan ke dalam 7 kelas sel normal yang meliputi Normal Superficial, Normal Intermediate, and Normal Columnar dan 4 kelas lainnya adalah kategori kelas citra sel abnormal yang meliputi Mild (Light) Dyplasia, Moderate Dysplasia, Severe Dysplasia dan Carcinoma In Situ. Pada analisa size citra sel tunggal nukleus, dilakukan segmentasi luas dan keliling. Metode yang digunakan untuk segmentasi luas nukleus yaitu operasi kanal warna RGB, metode Global Threshold dan deteksi tepi Canny. Sedangkan untuk segmentasi keliling menggunakan metode operasi kanal warna Grayscale, metode Global Threshold dan deteksi tepi Canny. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perhitungan luas menggunakan operasi kanal warna RGB lebih mendekati hasil perhitungan manual dari data Herlev. Nilai hasil korelasi dengan jangkauan nilai 0.547 dan nilai korelasi menggunakan metode Global Threshold dengan jangkauan nilai 0.107. Nilai korelasi perhitungan keliling menggunakan operasi kanal warna Grayscale lebih mendekati hasil perhitungan manual dari data Herlev. Hasil nilai korelasi perhitungan menggunakan operasi kanal warna Grayscale dengan jangkauan nilai 0.930, sedangkan hasil nilai korelasi perhitungan menggunakan metode Global Threshold dengan jangkauan nilai 0.892. 

Kata Kunci: Kata Kunci : Pap Smear, Nukleus, Analisa Size, Global Threshold, Operasi Kanal Warna

Bidang ilmu
Image Processing

Bibliografi

Adipranata Rudy , Andreas Handojo, Ivan Prayogo, Oviliani Yenty Yuliana, perancangan dan pembuatan  aplikasi  Segmentasi  gambar  dengan  menggunakan  Metode  morphological watershed, Jurursan Teknik Informatika-Universitas Petra, (2005)   

 

Bagus, Bayu. (2007). Image Database Menggunakan Sistem Content Based Image Retrieval Dengan Ekstraksi Fitur Terstruktur 

 

Faried, Ahmad. (2012). Bagaimana mereka (sel kanker) berjalan?   

 

Hendra, Andi. (2012). Segmentasi Citra CT Scan Tumor Otak Menggunakan Matematika Morfologi (Watershed) Dengan Flood Minimum Optimal 

 

Kusuma, Fitriyadi. (2012). Tes Pap dan Cara Deteksi Dini Kanker Serviks Lainnya. Jakarta: Departemen Obstetridan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo. 

 

Madjid, Tita Husnitawati. (2012). Anatomi Dan Fisiologi Alat Reproduksi Wanita 

 

Munir, Rinaldi. (2006). Aplikasi Image Thresholding Untuk Segmentasi Objek. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006 (SNATI 2006)   

 

Okezone.com, Kanker Serviks Renggut Nyawa 8.000 Perempuan Indonesia. Diambil dari : http://health.okezone.com/read/2012/0 5/13/482/628842/kanker-serviksrenggut-nyawa-8-000-perempuanindonesia (11 November 2012) 

 

Pambudi, Hidayatno dan R. Rizal Isnanto. (2012). Identifikasi Luas Bencana Tsunami Dengan Menggunakan Segmentasi Citra 

 

Prasetyo, Eko. (2011). Pengolahan Cita Digital dan Aplikasinya menggunakan Matlab. Yogyakarta:ANDI 

 

Rasjidi  I.,  Sulistiyanto H.  (2007).  Vaksin  Human  Papilloma  Virus  dan  Eradikasi Kanker Mulut  Rahim. Jakarta : Sagung Seto. 

 

Riana, Dyah Dwi, dan Tati latifah R. Mengko. (2012). Segmentasi Luas Nukleus sel Normal Superfisial Pap Smear Menggunakan Operasi Kanal Warna dan Deteksi Tepi Procceding. Jakarta.: Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Universitas Bina Sarana Informatika. 

 

Riana, Widyantoro, dan Tati latifah R. Mengko. (2012). Perbandingan Segmentasi Luas Nukleus Sel Normal dan Abnormal Pap Smear Menggunakan Operasi Kanal Warna dengan Deteksi Tep Canny dan Rekontruksi Morphologi 

 

Riandini, Metha, dan Farid Thalib. (2012). Penentuan Stadium Kanker Payudara dengan Metode Canny dan Global Feature Diameter 

 

Sudoyo, Penatalaksanaan Terpadu pada Kanker. Diambil dari : http://www.medistra.com/index.php?vi ew=article&catid=39%3AInfo+Keseh atan+Rs.+Medistra&id=110%3APenat alaksanaan+Terpadu+pada+Kanker&t mpl=comcompon&print=1&page=&o ption=com_content (13 November 2012) 

 

S, A. Rosa., dan M. Shalahudin. (2011). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula. 

 


 

 

 

62 

 

Setyarini, Eka. (2009). Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kanker Leher Rahim  Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta 

 

Wijaya, Marvin Ch, dan Agus Prijono. (2007). Pengolahan Citra Digital menggunakan Matlab Image Processing Toolbox. Bandung: INFORMATIKA. 

 

Yastuti, Hartini dan Bambang Widjanarko Otok. (2012). Bagging Multivariate Adaptive Regression Splines (Mars) Untuk Klasifikasi Pasien Hasil Pap Test Penyakit Kanker Serviks (Studi Kasus Di RS ”X” Surabaya)