Prototipe Aplikasi Mobile Layanan Service Dan Penjualan Perangkat Komputer Pada Cv. Lesma Jaya Group Pontianak

research
  • 03 May
  • 2019

Prototipe Aplikasi Mobile Layanan Service Dan Penjualan Perangkat Komputer Pada Cv. Lesma Jaya Group Pontianak

CV. Lesma Jaya Group merupakan sebuah perusahaan menggunakan di bidang penjualan dan jasa service komputer. Sistem yang diterapkan masih menggunakan cara pembukuan dengan buku besar dan disalin ke Ms. Excel sehingga pengolahan data transaksi menjadi terkendala. Tugas Akhir ini menjelaskan tentang penelitian untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh CV. Lesma Jaya Group Pontianak dengan merancang prototipe aplikasi mobile penjualan dan service perangkat komputer menggunakan model prototipe yang terdiri dari mendengarkan pelanggan, membangun mock-up dan pengujian mockup. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Rancangan sistem yang diusulkan ini terdiri dari tiga (3) level akses, yaitu Admin & Keuangan, Teknisi dan Manajer. Admin & Keuangan dapat mengolah data perangkat komputer, daftar harga perangkat komputer, daftar harga service, penjualan, penerimaan service dan pengembalian service. Teknisi dapat melihat data service dan mengolah rincian data service. Manajer dapat mengolah data pengguna, mengakses laporan persediaan perangkat komputer, laporan penjualan dan laporan service. Hasil penelitian ini berupa  Prototipe Aplikasi Mobile yang dapat digunakan dalam perancangan pengembangan usaha oleh CV. Lesma Jaya Group dalam mengelola data-data transaksi penjualan dan service perangkat komputer

Unduhan

 

REFERENSI

Fauzi, R.A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi–Berbasis Akuntansi. Yogyakarta: Deeppublish.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak) Ade, IV (2), 107-116.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deeppublish.

Kurniawan, E. (2014). Implementasi Rest Web Service Untuk Sales Order Dan Sales Tracking Berbasis Mobile. Jurnal EKSIS, VII (1), 1-12.

Ladjamudin, A.B.B. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar. Yogyakarta: Deeppublish.

Maulana, M.S. & Hardiansyah, A.M.F. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan-Hewan Khas Kalimantan Barat Berbasis Android Mobile Learning (Studi Kasus: TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5). Jurnal Khatulistiwa Informatika, V (2), 119-127.

Maulana, M.S. & Purwaningtias, D. (2016). Implementasi Sistem Informasi Biro Akademik dan Kemahasiswaan Berbasis Internet (Studi Kasus:Akbid Aisyah Pontianak), 32-37.

Maulana, M.S. (2014). Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Web Penjualan (Studi Kasus: CV. Herson Mitra Solusindo). Maulana. Jurnal Khatulistiwa Informatika, II (2), 175-183.

Meilinda, E. (2016). Perancangan Aplikasi Kearsipan Surat Menyurat Pada Badan Pemerintahan (Studi Kasus: Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Pontianak) Eva. Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV (2), 144-152.

Prasetya, D.D. (2013). Membuat Aplikasi SmartPhone Multiplatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Pratama, E.B., Sihombing, D.O., & Putra, A.N.D. (2014). Aplikasi E-library Untuk Pengelolaan Data Buku Berbasis Web Pada SMA N 1 Sungai Raya Menggunakan Model Waterfall. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 97-102.

Rosa A.S., & Shalahuddin, M. (2015). Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Setiawan, H. & Khairuzzaman. (2017). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek: Sistem Informasi Kontraktor. Jurnal Khatulistiwa Informatika, V (2), 103-111.

Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: Deeppublish