IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN MOTOR HONDA DI PT. MARGO MULYO MEGAH MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Abstraksi

ABSTRAK

 

Kartika Kusumawaty (11161630), Implementasi Data Mining pada Penjualan Motor Honda di PT. Margo Mulyo Megah Menggunakan Algoritma Apriori.

 

            Data semakin lama akan semakin bertambah banyak, jika dibiarkan begitu saja maka data-data transaksi tersebut hanya menjadi sampah yang tidak berarti. Dengan adanya dukungan perkembangan teknologi semakin berkembang pula kemampuan dalam mengumpulkan dan mengolah data. Untuk mengetahui pengelompokkan merek motor honda yang banyak dibeli oleh konsumen membutuhkan teknik dan cara tertentu yang berhubungan dengan transaksi penjualan motor honda dan untuk mengolah data dengan baik digunakan Tools Tanagra 1.4. Algoritma Apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada Data Mining.Analisa asosiasi adalah teknik Data Mining untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi. Penting tidaknya suatu aturan asosiatif dapat diketahui dengan dua parameter, yaitu Support (NilaiPenunjang) dan Confidence (NilaiKepastian). Maka, penjualan motor honda yang paling banyak dijual di PT. Margo Mulyo Megah dapat diketahui menggunakan Algoritma Apriori dengan melihat merek yang memenuhi Min Support dan Min Confidence. Merek yang paling banyak terjual di PT. Margo Mulyo Megah adalah Beat All Series, Vario All Series, Scoopy All Series, Supra All Seies dan Absolute Revo All Series.

 

Kata Kunci: Algoritma Apriori, Implementasi Data Mining pada Penjualan Motor Honda.

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

DAFTAR PUSTAKA

 

Faradillah, Sarah. 2013. Implementasi Data Mining untuk Pengenalan Karakteristik Transaksi Customer dengan menggunakan Algoritma C4.5. ISSN: 2301-9425. Medan: Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma Vol.5. No.3 Desember 2013: 63-70..

Hermawati, Fajar Astuti. 2013. Data Mining. Yogyakarta: ANDI.

Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: ANDI.

Sangadji, Etta Mamang, Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis) dalam Penelitian). Yogyakarta: ANDI

Sari, Eka Novita. 2013. Analisa Algoritma Apriori untuk menentukan merek Pakaian yang paling diminati pada Mode Fashion Group Medan. ISSN: 2301-9425. Medan: Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma Vol.4. No.3 Agustus 2013: 35-39.

Siregar, Sri Rahayu. 2013. Implementasi Data Mining pada Penjualan Tiket Pesawat menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Jumbo Travel Medan). ISSN: 2301-9425. Medan: Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma Vol.7. No.1 Juli 2014: 152-156.

Tampubolon, Kennedi, Hoga Saragih dan Bobby Reza. 2013. Implementasi Data Mining Algoritma Apriori pada Sistem Persediaan Alat-alat Kesehatan. ISSN: 2339-210X. Medan: Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) Vol.1. No.1 Oktober 2013: 93-106.

Ukar, Kurweni dan Gradiya Budi Pratama. 2010. Microsoft Excel 2010. Jakarta;PT. Elex Media Computindo.

Yanto, Robi, Riri Khoiriah.2015. Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. ISSN: 2354-5771. Lubuklingau: Jurnal Ilmiah Bina Nusantara Jaya Vol.2. No.2 Februari 2015 - April 2015: 102-113.