Penentuan Siswa Teladan berbasis logika Fazzy pada SMA Budaya Jakarta

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2013-07-02

Penulis

Abstraksi

Menentukan siswa terbaik di SMA Budaya Jakarta telah dilakukan dengan melihat nilai kognitif siswa yang tertinggi. Cara itu masih dianggap kurang obyektif karena prestasi yang diperoleh oleh siswa tidak hanya didasarkan kognitif tetapi juga berdasarkan nilai - nilai lain. Dengan menggunakan metode logika fuzzy diharapkan untuk menentukan model siswa menggunakan kriteria seperti nilai Pemahaman dan Penerapan Konsep (PPK) atau sering disebut nilai kognitif, nilai praktek, dan juga logika fuzzy sikap.Metode memiliki tiga tahapan proses fuzzifikasi, inferensi dan defuzzifikasi. Penentuan tersebut dibuat berdasarkan pada mahasiswa model fuzzy logic menggunakan matlab toolbox yang dapat digunakan sebagai referensi sebagai alat dalam menentukan siswa teladan. Penentuan siswa kehormatan menggunakan kriteria seperti nilai kognitif (PPK), nilai praktek, dan juga sikap yang kemudian diolah menggunakan metode fuzzy logic dan hasilnya akan ditampilkan sesuai dengan input data yang dimasukkan oleh pengguna. dengan metode logika fuzzy dapat membantu sekolah dalam menentukan model siswa, dengan metode logika fuzzy memiliki akurasi tinggi dalam menentukan model siswa dan terbukti dalam hasil dari lembar kuesioner, ada keterbatasan dalam menerapkan toolbox Matlab, seperti kurangnya database untuk menyimpan input atau output data.

 

Kata kunci: Nilai siswa, penentuan siswa terbaik, logika fuzzy, Matlab

Kata Kunci: Nilai siswa, penentuan siswa terbaik, logika fuzzy, Matlab

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Goupeng, Z. (2006). Data Analysis With Fuzzy Inference System. In Computational Intelligence: Method and Application. Singapore: School of Computer Engineering, Nanyang Technological University.

Jogiyanto H.M. (2005). Analisa dan Desain Sistem. Pendekatan Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Ofset. Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta

Suyanto. (2008). Soft Computing Membangun Mesin Ber-IQ Tinggi. Bandung: Informatika.

www.mathworks.com. (n.d.). Retrieved Desember 18, 2009, from http://www.mathworks.com/access/helpdesk/help/toolbox/fuzzy/fp351dup8. html.