PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KELURAHAN BINTARA JAYA KOTA BEKASI

research
  • 01 Mar
  • 2019

PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KELURAHAN BINTARA JAYA KOTA BEKASI

Kepuasan Masyarakat merupakan faktor yang terpenting bagi instansi pemerintah untuk memberikan jasa pelayanan administrasi kependudukan dan merupakan faktor yang terpenting bagi kepuasan masyarakat tercapai dan meningkatkan kredibilitas instansi di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara: pelayanan prima dengan kepuasan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian dari warga kelurahan bintara jaya VIII yang berjumlah 100 orang dan setelah dihitung menggunakan rumus Slovin menjadi 80 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pengumpulan data yang diperlukan melalui pengamatan, kuesioner, dan pustaka. Untuk konsep perhitungannya terdapat uji validitas instrument, uji reliabilitas, koefisien korelasi, determinasi, dan persamaan regresi. Penguji indikator atau kuesioner dari perhitungan menggunakan SPSS 21. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian warga Kelurahan Bintara Jaya VIII. Berdasarkan olah data yang diperoleh penulis berikut ringkasan hasil penelitian berdasarkan analisis yang dilakukan, bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,492 artinya pelayanan prima mempunyai hubungan yang cukup terhadap kepuasan masyarakat pada Kelurahan Bintara Jaya VIII Kota Bekasi, sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 24,2% dan sisanya 75,8% dipengerahui oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil persamaan regresi sebesar Y = 18,456 + 0,476 X artinya setiap penambahan (karena tanda positif) 1 (satu) satuan nilai pelayanan prima maka akan meningkatkan kepuasan masyarakat sebesar 0,476.

Unduhan

 

REFERENSI

Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan, 1(2), 249–258.

 

Asih, N. S. (2016). PENGARUH PELAYANAN PRIMA ( SERVICE EXCELLENCE ) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SALON AGATA SINGARAJA, (2).

 

Fadilah, Y. (2013). ANALYSIS OF SERVICE EXCELLENCE INFLUENCE TO THE TAXPAYER.

 

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

 

Pramularso, E. Y. (2018). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan CV Inaura Anugerah Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(1), 40–46.

 

Priansa, D. J. (2017). manajemen pelayanan prima (fokus pada organisasi publik dan peningkatan kualitas aparatur). bandung: CV ALFABETA.

 

Rangkuti, F. (2017). Customer Care Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Rohendi, A. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH TERHADAP NILAI , KEPUASAN, II(2), 272–285.

 

Semil, N. (2018). PELAYANAN PRIMA INSTANSI PEMERINTAH. Depok: Prenadamedia Group.

 

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

 

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

 

Supeno, W. (2018). Analisis Penilaian Kepuasan Pelayanan Hotel Pelanggan Traveloka ( Studi Kasus Hotel di Area Malioboro Yogyakarta ), XVI(1).

 

Tias,  yayi ayuning. (2016). Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pengguna bpjs kesehatan pada rsu siti hajar medan, 05, 33–41.

 

Tjiptono, F. (2017). Service Management - Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

 

Yuliantari, K., & Ulfa, S. N. (2016). Disiplin Kerja Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Megah Bangun Baja Semesta Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, 4(2), 354–373.