Dalam situasi persaingan ekonomi yang
demikian semakin tajam seperti ini, pendekatan Total Quality Management (TQM) semakin banyak digunakan dengan
filosofi mencapai keunggulan atau daya saing usaha secara total. Total Quality Management (TQM)
memberikan jawaban pada organisasi atau perusahaan terhadap tantangan global
yang semakin sulit, komplek dan cepat perubahannya. Total Quality Management
(TQM) mengarahkan perusahaan pada perbaikan terus menerus yang dapat mewujudkan kepuasan konsumen
secara total dengan usaha-usaha
perbaikan yang sering dipakai serta peralatan-peralatan dan teknik yang handal.
Total Quality Management (TQM) dapat
diterapkan untuk disetiap perusahaan besar maupun perusahaan kecil, industri
manufaktur atau jasa, dan organisasi publik maupun swasta. Penelitian ini
menggunakan metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi pada PT.
Komatsu Indonesia Jakarta. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa komitmen
perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk tercermin dari penurunan jumlah
klaim pada perusahaan, dan komitmen perusahaan dalam meningkatkan keterlibatan
karyawan dalam penerapan Total Quality
Management (TQM) sudah berhasil,
tercermin dari jumlah karyawan yang mengikuli quality circle convention (QCC) dan sistem saran (suggestion system) semakin meningkat.
LEMBAR KONSULTASI
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI
KATA PENGANTAR
DAFTAR PUSTAKA
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN
BAB III
BAB I
LAMPIRAN
BAB II
SURAT KETERANGAN RISET
Fibriany, F. W. (2018). Penerapan Manajemen Mutu
Terpadu Untuk Menurunkan Reject Produksi Roti Bun di PT. SFP. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 18(1), 31–36. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/3121
Idrus, A. (2013). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem
Reward, Dan Profit Center Terhadap Hubungan Antara Total Quality Management
Dengan Kinerja Manajerial. Progresif Journal, 7(1), 103–128. Retrieved from
http://ojs.nitromks.ac.id/index.php/progresif/article/view/63
Kumentas, C. N. (2013). Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran
Kinerja Dan Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Pt. Pos Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,
Bisnis Dan Akuntansi, 1(3),
796–805. Retrieved from
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1888
Nasution. (2015). Manajemen
Mutu Terpadu. Bogor:Ghalia Indonesia.
Riyanto, A. (2018). Ecodemica. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 117–124. Retrieved from
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911
Tannady. (2015). Pengendalian
Kualitas (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2014). Total Quality Management (V). Yogyakarta: ANDI.
Windi, K., & Suhartuti. (2017). Penerapan Total Quality
Management. Manajemen Bisnis-MEBIS,
90–98. Retrieved from ejournal.upnjatim.ac.id