PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PT. KOMATSU INDONESIA JAKARTA

research
  • 01 Mar
  • 2019

PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PT. KOMATSU INDONESIA JAKARTA

Dalam situasi persaingan ekonomi yang demikian semakin tajam seperti ini, pendekatan Total Quality Management (TQM) semakin banyak digunakan dengan filosofi mencapai keunggulan atau daya saing usaha secara total. Total Quality Management (TQM) memberikan jawaban pada organisasi atau perusahaan terhadap tantangan global yang semakin sulit, komplek dan cepat perubahannya. Total Quality Management (TQM) mengarahkan perusahaan pada perbaikan terus menerus  yang dapat mewujudkan kepuasan konsumen secara total  dengan usaha-usaha perbaikan yang sering dipakai serta peralatan-peralatan dan teknik yang handal. Total Quality Management (TQM) dapat diterapkan untuk disetiap perusahaan besar maupun perusahaan kecil, industri manufaktur atau jasa, dan organisasi publik maupun swasta. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi pada PT. Komatsu Indonesia Jakarta. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk tercermin dari penurunan jumlah klaim pada perusahaan, dan komitmen perusahaan dalam meningkatkan keterlibatan karyawan dalam penerapan Total Quality Management  (TQM) sudah berhasil, tercermin dari jumlah karyawan yang mengikuli quality circle convention (QCC) dan sistem saran (suggestion system)  semakin meningkat.

Unduhan

 

REFERENSI

Fibriany, F. W. (2018). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Untuk Menurunkan Reject Produksi Roti Bun di PT. SFP. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 18(1), 31–36. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/3121

 

Idrus, A. (2013). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Reward, Dan Profit Center Terhadap Hubungan Antara Total Quality Management Dengan  Kinerja Manajerial. Progresif Journal, 7(1), 103–128. Retrieved from http://ojs.nitromks.ac.id/index.php/progresif/article/view/63

 

Kumentas, C. N. (2013). Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Pt. Pos Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 796–805. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1888

 

Nasution. (2015). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor:Ghalia Indonesia.

 

Riyanto, A. (2018). Ecodemica. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 117–124. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911

 

Tannady. (2015). Pengendalian Kualitas (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Tjiptono, F., & Diana, A. (2014). Total Quality Management (V). Yogyakarta: ANDI.

 

Windi, K., & Suhartuti. (2017). Penerapan Total Quality Management. Manajemen Bisnis-MEBIS, 90–98. Retrieved from ejournal.upnjatim.ac.id