TINJAUAN PENGELOLAAN ARSIP PADA KANTOR KONSULTAN PAJAK DAN ACCOUNTING JHONSON SIMANJUNTAK SE, AK JATIWARINGIN

research
  • 01 Mar
  • 2019

TINJAUAN PENGELOLAAN ARSIP PADA KANTOR KONSULTAN PAJAK DAN ACCOUNTING JHONSON SIMANJUNTAK SE, AK JATIWARINGIN

Dalam suatu kegiatan dan organisasi yang menjadi salah satu sumber data atau informasi yang dibutuhkan adalah arsip, dimana dapat dijadikan sebagai pusat ingatan, rekaman, alat bantu dalam mengambil sebuah keputusan, serta sebagai bukti kesuksesan suatu organisasi untuk kepentingan bagi organisasi lain. Peran arsip pada dasarnya sangat penting dan tidak mungkin dapat dihapus atau ditinggalkan begitu saja guna memperlancar kegiatan pekerjaan sehari-hari pada suatu organisasi maupun lembaga. Oleh karena itu dibutuhkan kegiatan pengelolaan arsip yang diawali dari pembuatan arsip sampai dengan pemusnahan arsip. Penulis menggunakan pemilihan outline berupa analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga metode penelitian yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sistem tata kearsipan yang digunakan pada Kantor Konsultan Pajak Jhonson Simanjuntak SE, Ak Jatiwaringin adalah menggunakan asas sentralisasi yaitu arsip yang diletakkan pada satu tempat. Dalam penelitian ini juga ditemukan kendala-kendala sistem kearsipan pada Kantor Konsultan Pajak Jhonson Simanjuntak SE, Ak Jatiwaringin diantaranya proses penemuan arsip membutuhkan proses yang sangat lama, kurangnya pengetahuan dalam pengarsipan,  kurangnya tempat yang memadai.

Unduhan

 

REFERENSI

Amsyah, Zulkifli. (Cetakan keenam) 2017. Manajemen kearsipan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia pustaka utama.

 

Barthos, Basir. (Cetakan keenam) 2013. Manajemen kearsipan. Jakarta: Penerbit bumi aksara.

 

Darmen, R., & Rahmah, E. 2013. Dan Dokumentasi Kota Solok. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(September), 540–548.

 

Mulyapradana, A., & Zulaekho, S. 2018. Implementasi Sistem Penyusutan Arsip Inaktif Di Unit Tata Usaha, II(1).

 

Nuraida, ida. 2014. Manajemen administrasi perkantoran. Yogyakarta: penerbit PT Kanisius (Anggota IKAPI).

 

Priansa, Donni Juni dan Garnida, Agus. 2013. Manajemen perkantoran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Ririn Anbarrini, Rudi Susilana, H. S. 2016. Pengelolaan arsip pada badan perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi jawa barat, 3(1).

 

Sugiarto, Agus dan Wahyono, Teguh. 2016. Manajemen kearsipan modern. Yogyakarta: Penerbit gava media.

 

Utomo, K. P. 2018. ANALISIS SISTEM PROSES PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN KELUAR DI PEMERINTAH KOTA BEKASI ( STUDI KASUS PADA BAGIAN BINA EKONOMI , PEMBANGUNAN DAN BINA KETAHANAN, 4.

Wardah, M. (2016). Pengelolaan Arsip Dinamis, 8, 51–68.