Penggunaan
sistem aplikasi Dapodik dalam suatu lembaga pendidikan sangat diperlukan agar
prosedur dalam memasukan data peserta didik lebih efektif. Dalam mengoperasikan
aplikasi Dapodik tidak pernah lepas dari seorang tata usaha sebagai operator utama.
Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penulisan tugas
akhir, untuk mengetahui bagaimana prosedur penginputan
data peserta didik dalam
aplikasi Dapodik pada SD Tunas Karya II Kelapa Gading, mulai dari, pihak orang
tua peserta didik mengisi formulir biodata siswa, melengkapi berkas-berkas, lalu pihak tata usaha mengecek kembali berkasnya yang dikumpulkan, membuat
surat telah diterimanya siswa, dikirim ke dinas oleh kurir untuk meminta tanda
tangan dinas wilayah setempat, diinput langsung
atau tarik data pada aplikasi Dapodik, hingga surat tersebut diarsipkan.
Kendala yang sering terjadi adalah proses menunggu surat mutasi keluar yang dibuat oleh sekolah asal yang akan
ditindaklanjuti oleh sekolah yang dituju untuk ditanda tangani oleh dinas
wilayah setempat dan kurangnya sumber daya manusia untuk mengatur prosedur
penerimaan peserta didik, sehingga menghambat kelancaran penggunaan aplikasi
dapodik dalam memasukkan data peserta didik. Kendala tersebut dapat dihindari
dengan menghimbau orang tua agar menyiapkan berkas untuk mutasi dan penambahan
sumber daya manusia agar kegiatan penerimaan peserta didik dapat berjalan
dengan efektif, sehingga penggunaan aplikasi Dapodik yang melibatkan tata usaha
dengan kemampuan mengetahui prosedur dan hal-hal apa saja yang perlu
diperhatikan demi kelancaran penggunaan aplikasi Dapodik.
BAB III
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
LEMBAR KONSULTASI
KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI
DAFTAR PUSTAKA
SURAT KETERANGAN RISET
LAMPIRAN
BAB I
BAB II
Komariah, N. (2018).
Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan di SDI Wirausaha Indonesia Jawa Barat.
JURNAL EKONOMI, SAINS DAN MANAJEMEN, XVI
(1), 107. Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/3216/2158
Kristiawan,
Muhammad (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta:
Deepublish
Rachman, R. (2018).
Manajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur
Sari Jawa Timur. JURNAL ABDIMAS BSI,
I(1),133. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/3141/2007
Sunarti. (2014). Rancang Bangun Sistem Administrasi Jasa
Laundry Dengan Metode Waterfall. Jurnal Paradigma, XVI(2), 1–12.
Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/771/631
Tambunan,
R. M. (2013). Pedoman Penyusunan Standard
Operating Procedures (SOP) (Edisi Kedua). Jakarta:vMaiestas Publishing
Usman,
Husaini (2014). Manajemen: teori,
praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wijaya, D., & Irawan, R. (2018). Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat. JURNAL EKONOMI, SAINS DAN MANAJEMEN, XVI(1), 27. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2495/2057